Mahfud MD Tak Ingin Dicap Ban Serep, Ini yang Akan Dilakukan Jika Terpilih Wapres

Selasa, 21 November 2023 - 20:13 WIB
loading...
Mahfud MD Tak Ingin Dicap Ban Serep, Ini yang Akan Dilakukan Jika Terpilih Wapres
Cawapres Mahfud MD saat menghadiri Rapat Konsolidasi Nasional Partai Hanura menjelang Pemilu 2024 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2023). FOTO/MPI/FELLDY UTAMA
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD tak ingin dianggap sebagai ban serep presiden jika pasangan Ganjar-Mahfud memenangi Pilpres 2024. Ia ingin Wapres memiliki tugas khusus nantinya.

Menurut Mahfud, hal itu telah disampaikan kepada Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri sebelum diputuskan menjadi cawapres bagi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Saat bertemu, Mahfud menceritakan, Megawati meminta dirinya menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan penegakan hukum, pemberantasan korupsi, perlindungan HAM hingga karut-marutnya birokrasi di Indonesia.



"Saya bilang, Bu saya tanda tangan ya ini, bahwa saya akan menjadi (cawapres). Tapi saya mohon izin saya bilang, kalau saya jadi wapres, saya akan minta Pak Ganjar berdasarkan tugas ini, saya akan fokus ke sini," kata Mahfud menceritakan momen itu di acara Rapat Konsolidasi Nasional Partai Hanura menjelang Pemilu 2024 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/11/2023).

Saat penandatangan itu, kata Mahfud, Megawati kembali memastikan aspek hukum yang menjadi fokus dan tanggung jawabnya jika terpilih nanti. Menurutnya, pembagian tugas dan tanggung jawab ini perlu dijabarkan sejak awal.

"Jangan Wapres itu hanya jadi cadangan yang tidak jelas apa yang dilakukan," ujarnya.



Kendati memiliki tugas-tugas di persoalan tertentu, Mahfud memastikan, kerja-kerja yang dilakukan akan selalu disampaikan kepada Ganjar Pranowo sebagai presidennya.

"Tentu saya tidak akan melangkah sendiri, tapi saya akan punya program yang akan terus dikoordinasikan dengan Presiden," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)