Arti dan Makna 5 Lambang Pancasila Beserta Fungsinya

Selasa, 21 November 2023 - 17:25 WIB
loading...
A A A


Selain itu, rantai yang saling menguntai juga memiliki bentuk yang berbeda yakni lingkaran dan persegi. Rantai yang berbentuk persegi menggambarkan pria, sementara rantai yang berbentuk lingkaran menggambarkan wanita.

3. Pohon Beringin


Kemudian adalah lambang pohon beringin yang menggambarkan sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia.

Pohon beringin merupakan pohon yang besar dan bisa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai tempat untuk berteduh di bawahnya.

Hal tersebut dikorelasikan sebagai negara Indonesia, di mana semua masyarakat Indonesia saling bersatu dan “berteduh” di bawah naungan negara Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

Selain itu, pohon beringin juga memiliki sulur dan akar yang menjalar ke segala arah. Hal ini memiliki makna keragaman suku bangsa yang menyatu di bawah nama Negara Indonesia.

4. Kepala Banteng


Selanjutnya adalah lambang kepala banteng pada sila keempat yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Kepala banteng memiliki filosofi sebagai hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah yang sangat melekat dengan budaya masyarakat Indonesia. Setiap orang dapat berdiskusi untuk melahirkan keputusan yang dapat bermanfaat bagi kemaslahatan rakyat.

5. Padi dan Kapas


Terakhir adalah lambang padi dan kapas pada sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Sejatinya, simbol padi dan kapas melambangkan pandang dan sandang yang menyiratkan makna bahwa syarat utama negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran untuk rakyat secara merata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)