Atasi Masalah Lingkungan, PPLI Tekankan Pemusnahan Limbah Medis

Selasa, 21 November 2023 - 14:33 WIB
loading...
Atasi Masalah Lingkungan, PPLI Tekankan Pemusnahan Limbah Medis
Diskusi yang digelar oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, di Grand Hotel Preanger, Bandung, selama tiga hari dari tanggal 16-18 November 2023. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kebersihan dan kesehatan dinilai punya keterkaitan penting bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Seperti halnya masalah limbah bahan beracun berbahaya (B3) yang harus menjadi perhatian bersama.

Rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia merupakan institusi yang cukup besar menghasilkan limbah B3, terutama yang kategorinya limbah medis .

Senior Sales Manager PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI), Imam Zulkarnain menjelaskan, pihaknya memiliki cara dalam menjaga kelestarian lingkungan serta konsistensi pada pengelolaan limbah B3. Yakni sejumlah teknologi PPLI yang terbaru dalam pengelolaan limbah medis.

"Kita tahu teknologi thermal sudah lama diterapkan oleh pihak rumah sakit sebagai upaya memusnahkan limbah medis yang dihasilkan," kata Imam dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

"Namun teknologi thermal dengan fasilitas insinerator yang dimiliki masih sangat sederhana dan umumnya menghasilkan emisi yang tinggi sehingga mencemari lingkungan," tambahnya.

Imam mengungkapkan, PPLI memperkenalkan insinerator ramah lingkungan dengan teknologi termodern yang dimilikinya.

"Insinerator kami tanpa menggunakan bahan bakar, tapi mengunakan reaktor yang mampu menyaring dan menangkap gas berbahaya, sehingga gas buangannya sangat bersih," ungkapnya.

Dikatakannya dengan teknologi Cems, insinerator yang memiliki daya tampung hingga 50 ton per hari tersebut juga dapat mengukur gas buangan sehingga dipastikan benar benar bersih, dan rendah emisi.

"Insinerator ini salah satu yang terbesar di asia tenggara," tandasnya.

Sementara Manager Humas PPLI, Arum Tri Pusposari berharap, penjelasan yang diberikan mampu meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme mengenai program sanitasi lingkungan rumah sakit di era tuntutan adaptasi teknologi 5.0.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1414 seconds (0.1#10.140)