Firli Bahuri Klaim Tak Pernah Terlibat Pemerasan hingga Gratifikasi

Senin, 20 November 2023 - 11:17 WIB
loading...
Firli Bahuri Klaim Tak Pernah Terlibat Pemerasan hingga Gratifikasi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim tidak pernah melakukan pemerasan kepada siapa pun. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim tidak pernah melakukan pemerasan kepada siapa pun. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers sebelum menjalani klarifikasi kepada Dewan Pengawas KPK hari ini.

“Saya menyatakan di setiap kesempatan bahwa saya tidak pernah melakukan pemerasan terhadap siapa pun,” kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2023).

Selain pemerasan, purnawirawan Polri bintang tiga itu juga menegaskan tidak pernah terlibat dalam praktik suap menyuap hingga gratifikasi. “Saya juga tidak pernah terlibat terkait suap menyuap dan gratifikasi kepada siapa pun,” jelasnya.





Sebagaimana diketahui, Firli Bahuri dilaporkan kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan pertemuan dirinya bertemu dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Laporan tersebut dibuat oleh Komite Mahasiswa Peduli Hukum.

"Jadi kami dari Komite Mahasiswa Peduli Hukum hadir di Gedung KPK membuat laporan pengaduan masyarakat yang kami tunjukkan kepada Dewan Pengawas KPK. Kami ingin melaporkan laporan kepada Bapak Firli Bahuri atas dugaan pelanggaran etik," ujar Koordinator Komite Mahasiswa Peduli Hukum Febrianes saat dihubungi, Jumat (6/10/2023).

Febrianes menjelaskan laporannya tersebut merujuk pada Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021. Di sana termuat aturan soal larangan tiap insan KPK bertemu dengan pihak yang berperkara di KPK.

"Di Pasal 4 mengatakan tiap insan komisi KPK dilarang mengadakan pertemuan langsung atau tidak langsung dengan tersangka terdakwa terpidana atau pihak lain yang ada hubungan dengan perkara tindak pidana korupsi yang sedang ditangani KPK," jelasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)