Soal Pengangguran, Caleg Partai Perindo Ella Nurlaela: Lapangan Pekerjaan dan Jumlah Tenaga Kerja Tak Imbang

Kamis, 16 November 2023 - 19:14 WIB
loading...
Soal Pengangguran, Caleg Partai Perindo Ella Nurlaela: Lapangan Pekerjaan dan Jumlah Tenaga Kerja Tak Imbang
Caleg DPR Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta) dari Partai Perindo, Ella Nurlaela Tubagoes dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Kamis (16/11/2023). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Caleg DPR RI Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta) dari Partai Perindo , Ella Nurlaela Tubagoes menyampaikan, masalah pengangguran di daerah pemilihannya (dapil) masih menjadi pekerjaan rumah.

"Jadi di dapil VII itu kan memang permasalahannya sama di setiap daerah, yakni pengangguran. Data Badan Pusat Statistik secara nasional bulan Februari 2023 masih 5,45 persen. Kemudian Kabupaten Bekasi di dapil saya 2022 penganggurannya itu masih 203 ribu, Karawang 9,8 persen, Purwakarta 7,8 persen," kata Ella dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Kamis (16/11/2023).

Menurut Ella, masalah pengangguran yang paling utama yakni kurang tersedianya lapangan pekerjaan. "Sementara tenaga kerjanya setiap tahun selalu meningkat. Jadi tidak imbang," lanjut dia.



Karena itu Ella mengatakan, jika nantinya terpilih sebagai anggota legislatif dirinya akan memprioritaskan masalah pengangguran tersebut.

"Saya akan memberikan pendampingan, memberikan mereka edukasi bahwa pendidikan itu nomor satu. Karena kualifikasi (tenaga kerja) sangat mempengaruhi di dunia kerja," ungkapnya.

Tak hanya itu, Ella juga melihat peluang bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di dapilnya memiliki potensi yang bagus untuk dikembangkan. UMKM disebutnya bisa dikerjakan di dalam rumah dan tidak membutuhkan banyak pegawai.

"Untuk UMKM itu tidak hanya di satu daerah, satu keluarga juga bisa (mengerjakan). Karena bisa sambil jualan online. Jadi sebetulnya bisa. Tergantung masyarakatnya mau atau tidak. Bagi masyarakat yang mau, nanti kita dorong, kita beri intensif, edukasi manajemannya dan lain-lain," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5136 seconds (0.1#10.140)