Palestina Semakin Memprihatinkan, Bantuan dari Indonesia Terus Mengalir

Rabu, 15 November 2023 - 21:52 WIB
loading...
Palestina Semakin Memprihatinkan, Bantuan dari Indonesia Terus Mengalir
Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina di Jakarta menerima bantuan dari Yayasan Suryani Setyadji. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perang antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza, Palestina hingga kini belum ada tanda-tanda akan berakhir. Situasi kemanusiaan di Gaza membawa keprihatinan bagi rakyat Indonesia.

Bantuan dari Indonesia pun terus mengalir untuk rakyat Palestina. Salah satunya adalah Happy Puppy Group melalui Yayasan Suryani Setyadji yang menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina sebesar Rp200.000.000.

Bantuan kemanusiaan tersebut diserahkan langsung kepada Kedutaan Besar (Kedubes) Palestina di Jakarta. “Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ahmad Metani, perwakilan dari Kedutaan Besar Palestina yang sudah memberi kesempatan untuk menyampaikan solidaritas kemanusiaan ini,” ucap Direktur Happy Puppy Group Steffiani Setyadji, Rabu (15/11/2023).

Dia mengaku, sangat prihatin melihat semakin banyaknya warga yang terdampak akibat krisis kemanusiaan di Gaza. Bantuan ini merupakan wujud nyata dari komitmen pihaknya terhadap nilai-nilai kemanusiaan.

"Kami berdoa semoga sumbangan yang tidak seberapa ini dapat meringankan beban derita rakyat Palestina, khususnya anak-anak dan wanita," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan komitmen teguh Indonesia untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi, Sabtu, 11 November 2023.

"Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan. Pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri. Bantuan kemanusiaan harus segera diberikan," katanya.

Jokowi mengaku sangat sedih dengan kondisi kemanusiaan di Gaza yang makin memburuk akibat kekejaman Israel. Presiden Jokowi juga sedih atas intimidasi yang terus terjadi terhadap warga sipil Palestina di Tepi Barat.

“Tindakan keji ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan,” ungkapnya.

Jokowi bersyukur bahwa bantuan kemamusiaan dari Indonesia mulai dikirimkan ke Gaza. Presiden Jokowi juga meminta Presiden Abbas menyampaikan apa yang bisa dibantu oleh Indonesia.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)