Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Dinilai Sosok Paling Menghargai Pahlawan

Minggu, 12 November 2023 - 11:26 WIB
loading...
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Dinilai Sosok Paling Menghargai Pahlawan
Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD dinilai sosok yang paling menghargai pahlawan. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Adrian Tjokroaminoto yang merupakan keturunan ke-4 atau canggah dari Pahlawan Nasional HOS Tjokroaminoto menyatakan pemimpin ideal adalah mereka yang memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai kepahlawanan dan sejarah Indonesia.

Menurut dia, penting bagi masyarakat untuk dapat mengenali karakter pemimpin yang tulus dalam membela kepentingan rakyat.

“Kita harus cermat melihat calon pemimpin. Menurut saya, karakter dan sifat pemimpin harus murni membela kepentingan rakyat,” ujar Adrian dalam momentum Peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2023).



Dia menekankan penting bagi masyarakat untuk memiliki pemahaman mendalam tentang sejarah sebagai dasar kebangsaan bagi calon pemimpin Indonesia.

Dia mengutip kata-kata Bung Karno, sang proklamator dan Presiden pertama RI yang menyatakan Indonesia tidak boleh melupakan sejarah atau "Jas Merah".

"Tidak boleh kita meninggalkan sejarah, karena memegang teguh pada sejarah adalah fondasi untuk melanjutkan eksistensi suatu bangsa. Melalui pemahaman sejarah, para pemimpin akan memiliki pandangan yang jelas terkait arah tujuan memajukan bangsa," katanya.

Ganjar-Mahfud Dianggap Sangat Menghargai Pahlawan

Ketika ditanya sosok yang dapat memahami nilai kepahlawanan dan menghargai pahlawan dalam konteks Pemilihan Presiden 2024, Adrian berpendapat bahwa pasangan Ganjar-Mahfud merupakan jawabannya.

Alasan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yakni kepribadian dan karakter mereka dengan tegas memegang nilai-nilai sejarah perjuangan Indonesia, termasuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan nasional.

"Diketahui Ganjar Pranowo maupun Mahfud MD sering melakukan ziarah ke makam para pahlawan atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah, menunjukkan komitmen mereka dalam upaya patriotisme untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan," ungkap Adrian.

Dia menilai Ganjar-Mahfud sebagai pasangan yang sangat cocok untuk Pilpres 2024. Ganjar diakui sebagai figur yang tidak melupakan sejarah karena dekat masyarakat. Selain itu, Ganjar senang mengunjungi museum dan secara rutin melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)