Fakta-fakta Kegigihan Cawapres Mahfud MD yang Patut Diteladani

Sabtu, 11 November 2023 - 11:39 WIB
loading...
Fakta-fakta Kegigihan Cawapres Mahfud MD yang Patut Diteladani
Prof Mahfud MD yang diusung sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres), lahir di Madura pada tanggal 13 Mei 1957 dengan nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Prof Mahfud MD yang diusung sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) , lahir di Madura pada tanggal 13 Mei 1957 dengan nama lengkap Mohammad Mahfud Mahmodin. Ia memiliki prestasi yang gemilang di bidang akademis dan karier politik di Indonesia.

Mahfud MD adalah individu yang dapat dikatakan memulai perjalanan hidupnya dari bawah. Kisah perjuangannya dalam mengejar pendidikan dan langkah-langkah kariernya memberikan inspirasi. Berikut adalah tiga fakta inspiratif mengenai Mahfud MD:

3 Fakta Inspiratif Mahfud MD

1. Riwayat Karier Pendidikan yang Luar Biasa

Dalam catatan pendidikannya, sebelum menempuh studi di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) dan jurusan Sastra Arab di Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM), Mahfud MD mengawali perjalanan pendidikannya sebagai santri.



Mahfud tumbuh besar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mardhiyah di Pamekasan, Madura yang memiliki keterkaitan kultural dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Lingkungan di ponpes inilah yang membentuk latar belakang kenahdlatululamaan Mahfud MD.

Pada masa perkuliahannya, Mahfud secara aktif menulis artikel untuk diterbitkan di surat kabar umum sebagai upaya untuk mendukung biaya pendidikannya. Ia juga berhasil meraih berbagai beasiswa, termasuk beasiswa Rektor UII, beasiswa Yayasan Dharma Siswa Madura, dan beasiswa Yayasan Supersemar.

Setelah menyelesaikan program sarjana, Mahfud melanjutkan studi pascasarjana di UGM dengan mengambil program Magister Ilmu Politik. Selanjutnya, ia melanjutkan studi doktor dengan fokus pada Ilmu Hukum Tata Negara, yang berhasil diselesaikannya pada tahun 1993.

kiprahnya sebagai akademisi tidak berhenti di situ. Mahfud menjadi Dosen Tetap di Fakultas Hukum UII, dimulai dari posisinya sebagai asisten ahli, dan kemudian menjabat sebagai lektor madya.

Pencapaiannya sebagai lektor madya di UII melebihi banyak dosen dan senior di lingkungan tersebut. Setelah 12 tahun berkontribusi di sana, Mahfud akhirnya mencapai posisi Guru Besar Hukum Tata Negara di UII.

2. Eksplorasi Konsep Trias Politika

Pengalaman Mahfud MD di bidang politik sangat luar biasa. Ia berhasil mengeksplorasi konsep trias politika dalam kariernya, suatu pencapaian yang langka bahkan dalam skala internasional. Awalnya, Mahfud MD memulai kariernya di pemerintahan sebagai Menteri Pertahanan selama masa pemerintahan Gus Dur dari tahun 2000 hingga 2001.

Setelah itu, ia melanjutkan karier politiknya dengan terpilih sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada Pemilu 2004. Di DPR, ia menjabat di Komisi III dan menjadi Wakil Ketua Badan Legislasi hingga tahun 2008. Pada tahun 2008, Mahfud MD beralih ke dunia yudikatif sebagai Hakim Konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK) hingga tahun 2013.

Beberapa tahun kemudian, ia kembali ke eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sejak tahun 2019 hingga saat ini di era pemerintahan Presiden Jokowi.

3. Tanpa Rasa Takut dalam Berkata-kata

Mahfud MD juga terkenal sebagai sosok yang berani menghadapi berbagai kasus hukum yang rumit. Reputasi Mahfud MD sudah terkenal ke penjuru Indonesia. Dari tokoh individu, hingga kelompok masyarakat adat, tidak ada yang tidak mengenal sosok Mahfud sebagai politisi yang berani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2095 seconds (0.1#10.140)