alexa snippet

Meski Ungguli Prabowo, Dukungan Terhadap Jokowi Tak Meningkat Tajam

Meski Ungguli Prabowo, Dukungan Terhadap Jokowi Tak Meningkat Tajam
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Foto/SINDOnews/Saiful Munir
A+ A-
JAKARTA - Joko Widodo (Jokowi) akan mengungguli Prabowo Subianto bila pemilihan presiden dilakukan saat ini. Hal tersebut seperti terungkap dalam rilis hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, Rabu (11/10/2017).

"Dalam jawaban spontan, dukungan untuk Jokowi pada September 2017 ini sebesar 34,2%, Prabowo 11,5%, nama-nama lain 34,2%," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi di kantornya, Cikini, Jakarta Pusat.

(Baca juga: Survei Indikator Politik: 60,39% Masyarakat Puas Atas Kinerja Jokowi-JK)

Dalam survei terhadap 1220 responden di 34 provinsi di Indonesia ini, Indikator memberikan sejumlah pertanyaan. Dalam pertanyaan terbuka, kata Burhanuddin, sebanyak 47% mendukung Jokowi, sementara itu ada 19% mendukung Prabowo, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) 3,7% dan lain-lain di bawah 3%.

Meski Jokowi berada di atas angin, Burhanuddin mengatakan angka dukungan terhadap Jokowi relatif sama sejak tahun lalu. Meski cenderung menguat, penambahan dukungan terhadap Jokowi tidak meningkat tajam.

Sementara itu, lanjut dia, dukungan terhadap Prabowo, rival Jokowi di Pilpres 2014 itu cenderung stagnan. Burhanuddin memberikan catatan bahwa perolehan secara stabil di kisaran 31% ini menunjukkan bahwa Prabowo miliki basis pemilih loyal yang tidak sedikit.

"Patut dicatat, Prabowo belum melakukan kampanye sistematis sejak 2014," ucap Burhanuddin.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top