Muhammadiyah: Rencana Pemulihan Ekonomi Rakyat Wajib Dikritisi

Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Masalah kedua, lanjut Anwar, menyangkut bantuan bahan pokok. Masih mengutip Suhaji Lestiadi, Anwar mengatakan bahwa bantuan sembako kepada masyarakat berpenghasilan rendah terlihat lebih menguntungkan usaha besar. Ini disebabkan pemerintah membeli secara langsung dalam partai besar dari usaha besar baru dibagikan kepada masyarakat .

Kebijakan dianggap tidak berdampak kepada pemulihan ekonomi masyarakat lapis bawah atau usaha mikro yang tergolong sangat lemah, karena kebijakan ini tidak mendorong bagi terjadinya geliat ekonomi dilapis bawah, tapi hanya akan mendorong geliat ekonomi di lapis atas atau di kalangan pengusaha besar yang jumlah pelakunya jelas sangat sedikit.

Maka dari itu, pemerintah harus bisa mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi di lapis bawah dengan meningkatkan daya beli rakyat. Caranya bukan dengan memberi mereka sembako melainkan uang dalam bentuk bantuan langsung tunai untuk membeli sembako. Dengan begitu, ada geliat ekonomi di lapisan bawah berupa suply and demand.

"Tujuan pemerintah untuk memulihkan ekonomi rakyat patut kita apresiasi. Tetapi kebijakan dan langkah yang tidak mendukung bagi tercapainya tujuan tersebutjelas perlu dikritisi dan diperbaiki," pungkas dia.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)