Jokowi Minta TNI Jaga Soliditas dengan Institusi Lain

Kamis, 05 Oktober 2017 - 11:13 WIB
Jokowi Minta TNI Jaga Soliditas dengan Institusi Lain
Jokowi Minta TNI Jaga Soliditas dengan Institusi Lain
A A A
CILEGON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua institusi pemerintahan untuk menjaga dan meningkatkan sinergitas dan soliditas.

Hal itu penting dalam menghadapi ancaman dan rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam dunia yang serba transparan ini, kata Jokowi, tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi. Bahkan, berita sekecil apapun di negeri ini akan sampai pemberitannya ke mancanegara.

"Tidak ada pilihan lain kecuali kita memberikan pesan bahwa Indonesia adalah negara yang santun. Sinergi antara TNI dan institusi lain dalam pemerintahan dan seluruh komponen anak bangsa adalah wajib untuk dijaga dan ditingkatkan," tutur Jokowi saat menghadiri puncak peringatan HUT ke 72 TNI di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017).

Sampai kapan pun, sambung Jokowi, Indonesia harus waspada terhadap upaya dari luar untuk merongrong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Termasuk rongrongan dari dalam yang berupaya mengganggu Pancasila sebagai dasar negara.

"Kita juga harus waspada terhadap perang budaya, perdagangan bebas, dan perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat, " kata Jokowi.

Tidak ada jalan lain, kata dia, Indonesia harus segera membangun pondasi ekonomi nasional. "Harus Indonesia sentris, bagaimana doktrin pertahanan kita yang dipegang teguh TNI. Jaga stabilitas politik dan keamanan," ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9739 seconds (0.1#10.140)