Karier Militer Wakasal Laksdya TNI Erwin Aldedharma

Rabu, 01 November 2023 - 06:31 WIB
loading...
Karier Militer Wakasal Laksdya TNI Erwin Aldedharma
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali (tengah) bersama Laksdya TNI Erwin S Aldedharma (kiri) dan Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono usai sertijab Wakil KSAL di Gedung RE Martadinata, Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (31/10/2023). FOTO/MPI/M FARHAN
A A A
JAKARTA - Karier militer Laksamana Madya (Laksdya) TNI Erwin S. Aldedharma yang telah resmi menjadi Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) menarik untuk diketahui. Dia menjabat Wakasal menggantikan Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan proses pergantian Wakasal ini berdasarkan Kep Panglima TNI Nomor Kep/1223/X/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Keputusan tersebut ditandatangani Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada 26 Oktober 2023.

Ali menuturkan, penunjukkan Erwin sebagai Wakasal ini bukan tanpa sebab. Melainkan adanya pengalaman dan prestasi yang diyakini Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan KSAL.





Berikut pengalaman yang pernah diemban oleh Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma sebelum menjabat sebagai orang nomor dua di jajaran TNI AL:

Erwin merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-37 tahun 1991. Erwin pernah mengemban amanah sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II di tahun 2018-2019.

Selepas itu, dirinya melanjutkan karier sebagai sebagai Wakil Asisten Perencanaan (Waasrena) KSAL pada 2019-2021. Selanjutnya, Erwin sempat menjabat sebagai Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) pada 2021 hingga 2022.

Pada 2023, Erwin memegang dua jabatan secara berurutan yaitu Wadanjen Akademi TNI, dan menjabat sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I di 2023.

Pada 2023 inilah, Erwin dipercaya sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I. Berdasarkan karirnya di Pangkogabwilhan I tersebut, Erwin pun dipercaya oleh Panglima TNI dan KSAL untuk menjadi Wakasal di tahun yang sama.

"Penunjukkan ini dilihat berdasarkan dari beberapa background, background pendidikan, background penugasan, tour of duty, tour of area, bapak Erwin ini sudah cukup lengkap kita tahu sudah pernah sebagai Panglima armada, kemudian jadi Pangkogabwilhan," kata Ali saat jumpa pers selepas sertijab.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)