Gandeng USAID, 30 RS Muhammadiyah Terlibat Tangani Covid-19

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:43 WIB
loading...
A A A
“Dukungan berlandaskan pada semangat persahabatan rakyat Amerika telah menyelamatkan banyak jiwa. Kami membekali tenaga kesehatan Indonesia dengan peralatan yang dibutuhkan, meningkatkan kapasitas laboratorium, surveillance, dan respon cepat,” kata Ryan.

(Baca: Ledakan Beirut, Muhammadiyah Sampaikan Duka Mendalam)

Pihaknya berkomitmen memberikan lebih dari Rp 10,2 miliar dalam bentuk dukungan pelatihan, peralatan, dan peningkatan kesiapsiagaan secara langsung kepada 30 rumah sakit. Bantuan tersebut ditujukan untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus dan meningkatkan komunikasi risiko untuk memastikan masyarakat cepat melindungi diri dan orang lain. Selain itu, juga untuk melindungi tenaga kesehatan dan meningkatkan kualitas perawatan pasien.

Selain penanganan Covid-19, USAID juga memberikan dukungan kepada Muhammadiyah untuk memperluas akses informasi mengenai TBC yang diharapkan akan menurunkan stigma antara tenaga kesehatan dan masyarakat umum.

Untuk memperluas akses pelayanan TBC dan resisten obat, USAID juga bekerja sama mengembangkan enam RS rujukan TBC di dalam jejaring Muhammadiyah. Program yang dimulai sejak 1 April 2020 hingga 31 Maret 2023 itu mencakup tiga provinsi yakni Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)