Indonesia Bakal Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Minggu Ini

Senin, 30 Oktober 2023 - 18:55 WIB
loading...
Indonesia Bakal Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Minggu Ini
Presiden Jokowi mengungkapkan Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Palestina minggu ini. Foto/MPI/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Palestina sesuai dengan kebutuhan. Kloter pertama bantuan akan dikirimkan pada minggu ini.

"Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina. Kloter pertama akan dikirimkan minggu ini. Bantuan ini adalah gabungan bantuan dari pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat," kata Jokowi dalam keterangannya yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/10/2023).

Indonesia, kata Jokowi, sangat marah terhadap situasi yang semakin memburuk di Gaza akibat serangan dari Israel. "Baru saja saya tadi memimpin rapat terbatas mengenai Palestina. Indonesia sangat marah terhadap memburuknya situasi di Gaza terutama situasi kemanusiaan," kata Jokowi.



Jokowi mengatakan, pihaknya terus mengikuti perkembangan di Gaza. Dirinya mengatakan hingga saat ini mengutuk keras serangan acak yang mengenai masyarakat sipil dan fasilitas umum. "Kita terus ikuti secara dekat perkembangan di Gaza. Posisi Indonesia sangat jelas dan tugas mengutuk keras serangan acak terhadap masyarakat sipil dan fasilitas sipil di Gaza," kata Jokowi.

Jokowi berharap kekerasan yang terjadi di Gaza dapat dihentikan secepat mungkin. Indonesia, kata Jokowi, terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk dapat membantu mengupayakan penyelesaian konflik di Gaza.

"Kekerasan harus dihentikan, gencatan senjata harus terus diupayakan, bantuan kemanusiaan harus terus didorong dan dipercepat diakselerasi. Dan Indonesia terus melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk mengupayakan penyelesaian masalah ini," kata Jokowi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)