Soal Praktik KKN dalam Penegakan Hukum, Ganjar Tekankan Pentingnya APH yang Imparsial

Minggu, 29 Oktober 2023 - 20:34 WIB
loading...
Soal Praktik KKN dalam Penegakan Hukum, Ganjar Tekankan Pentingnya APH yang Imparsial
Capres Ganjar Pranowo menekankan pentingnya aparat penegak hukum yang imparsial. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Capres Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo menjawab lugas soal maraknya praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) dalam praktik penegakan hukum di Indonesia. Ganjar menuturkan maraknya praktik KKN menghantui sebagian besar masyarakat terutama ancamannya terhadap agenda Reformasi 1998.

Ganjar mengungkapkan hal tersebut selepas menghadiri agenda deklarasi dukungan dari masyarakat Maluku yang tergabung dalam 'Maluku Voor Ganjar'. Ganjar pun mengungkapkan visi misinya dalam membenahi serta memperkuat penegakan hukum yang bebas dari praktik KKN.

"Ya hari ini agenda itu menjadi penting karena begitu banyaknya masyarakat mempertanyakan salah satu agenda Reformasi yaitu penegakan hukum yaitu anti KKN maka pemerintah musti serius betul mengurus ini," ungkap Ganjar, Minggu (29/10/2023).



Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut menyampaikan, perlunya Aparat Penegak Hukum (APH) yang bersikap adil dan imparsial, atau tidak ada keberpihakan kepada tokoh-tokoh tertentu. Untuk itu, Ganjar mengatakan telah berdiskusi banyak dengan cawapres pasangannya Mahfud MD, perihal problematika penyelenggaraan hukum yang rentan diintervensi dalam praktik KKN.

"Aktor menjadi penting maka memilih APH yang teguh, yang kemudian bisa betul-betul Imparsial, maka itu menjadi penting karena pasti rakyat akan kecewa," jelas Ganjar.



Suami dari Siti Atikoh Supriyanti dan ayah dari Alam Ganjar itu, juga menekankan bagaimana hasil Reformasi yang telah menghasilkan penegakkan hukum secara baik. Tetapi situasi tersebut terancam dengan adanya situasi keberpihakan nepotisme bagi sejumlah oknum yang memiliki kepentingan.

"Karena dulu, tahun 1998 terjadi sebuah perubahan besar, pasti menginginkan adanya perbaikan-perbaikan dalam sistem ketatanegaraan salah satunya anti KKN," ucap Ganjar.

Sebelumnya diketahui, Ganjar Pranowo tiba di Basket Hall Senayan. Kedatangannya tersebut untuk menghadiri deklarasi dukungan dari masyarakat Maluku yang tergabung dalam 'Maluku Voor Ganjar'.

Ketika memasuki ruangan, Ganjar dengan penuh senyum memenuhi permintaan foto dan jabat tangan dari hadirin. Tidak lupa, Ganjar juga melambaikan tangan kepada seluruh peserta yang tetap duduk di tribun Basket Hall Senayan.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)