Sumpah Pemuda, Jokowi: Indonesia Berpeluang Capai Indonesia Emas 2045 Lewat Bonus Demografi

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 10:42 WIB
loading...
Sumpah Pemuda, Jokowi: Indonesia Berpeluang Capai Indonesia Emas 2045 Lewat Bonus Demografi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045. Foto/Setneg
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Pada tahun ini hari Sumpah Pemuda 2023 mengusung tema Bersama Memajukan Bangsa.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia dapat memanfaatkan bonus demografi untuk mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.



"Indonesia memiliki peluang besar dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 berupa bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an. Saat itu, penduduk usia produktif kita melimpah," ujar Jokowi dikutip dalam akun Instagramnya @jokowi, Sabtu (28/10/2023).

Menurutnya, Indonesia dapat memanfaatkan peluang tersebut di antaranya dengan dua strategi besar. Yakni mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia dan melakukan hilirisasi industri.

"Sumber daya manusia kita persiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif. Sumber daya alam yang kita miliki harus bernilai tambah dan menyejahterakan rakyatnya," jelasnya.

Terakhir, ia berharap hal tersebut dapat dijalankan dan memajukan Indonesia ke depan.



"Mari bersama majukan Indonesia," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)