KPU Imbau Capres Cawapres Tak Sosialisasi sebelum Penetapan Nama

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 19:08 WIB
loading...
KPU Imbau Capres Cawapres Tak Sosialisasi sebelum Penetapan Nama
KPU mengimbau kepada tiga pasangan bakal capres dan cawapres yang telah resmi mendaftar untuk tidak mensosialisasikan dirinya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau kepada tiga pasangan bakal capres dan cawapres yang telah resmi mendaftar untuk tidak mensosialisasikan dirinya. Sebab saat ini KPU masih bekerja melakukan pemeriksaan berkas pasangan calon.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyarankan, agar kegiatan sosialisasi dilakukan setelah adanya penetapan nama Capres Cawapres pada 13 November 2023. Sebab selama masa pemeriksan berkas, KPU bisa menggantikan nama bakal capres atau cawapres jika dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Nah sekarang ini untuk pemilu presiden, tahapannya adalah masih pada masa pendaftaran bakal pasangan calon, verifikasi, sampai dengan nanti penetapannya adalah 13 November 2023," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Jumat (27/10/2023).



Dia menegaskan, kalau kegiatan sosialisasi hanya memperkenalkan diri kepada masyarakat kalau pasangan capres cawapres akan bertarung di Pilpres 2024. Mereka dilarang untuk melakukan kegiatan ajakan untuk memilih. Sebab kegiatan itu dilakukan pada masa kampanye.

"Hanya saja kan masa kampanye mulai 10 hari kemudian, tanggal 23 november 2023. Jadi ada masa sosialisasi lah antara jeda penetapan presiden dan wapres sejak 13 hingga 23 November 2023," ucapnya.

Dia mengatakan, setelah penetapan nama, selanjutnya KPU akan melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon yang akan berlangsung pada Selasa, (14/11/2023).

"Kalau mau menyampaikan itu (sosialisasi visi atau misi) saya kira lebih baik menunggu sampai dengan ada kepastian siapa paslon yang ditetapkan dan juga nomor urutnya," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)