Rektor UIN Syarif Hidayatullah Sebut Mahasiswa Punya Peran Penting Jadikan Pemilu Bermartabat

Kamis, 26 Oktober 2023 - 18:29 WIB
loading...
Rektor UIN Syarif Hidayatullah Sebut Mahasiswa Punya Peran Penting Jadikan Pemilu Bermartabat
Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar menyebutkan, mahasiswa mempunyai peran penting dalam menjadikan Pemilu yang berkualitas. Foto/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Asep Saepudin Jahar menyebutkan, mahasiswa mempunyai peran penting dalam menjadikan pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan 'SINDO Goes To Campus seri Dialog Pemilu'. Kegiatan ini mengusung tema 'Peran Penting Pemilih Pemula Untuk Mewujudkan Pemilu Bermartabat'.

Asep menjelaskan bahwa diskusi ini penting dalam rangka menambah pengetahuan terkait dengan isu-isu kepemiluan. Sehingga, mahasiswa bisa menjadi agen sekaligus corong informasi yang benar kepada masyarakat.

"Sehingga kita bisa betul menyampaikan informasi, kesadaran ini, literasi ini kepada masyarakat yang lebih luas yaitu dalam konteks bagaimana praktik demokrasi, kesadaran berdemokrasi secara rasional, demokrasi Pancasila menjadi basis pegangan kita semua," kata Asep dalam sambutannya di Ruang Teater Lantai 2 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (26/10/2023).



Ia mengingatkan agar mahasiswa tidak boleh terpengaruh oleh sesuatu yang bisa membawa kepada satu konflik, provokasi, apalagi suatu tindakan-rindakan anarkis di tengah masyarakat. "Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Menurut dia, sebagai akademisi, sebagai insan yang berada dalam suatu masyarakat yang rasional, public reasoning perlu dipegang teguh di dalam memahami untuk bagaimana diseminasikan dan disebarkan kepada masyarakat.

"Maka adik-adik semua punya kewajiban punya amanah untuk bagaimana kita berinteraksi dengan SINDO ataupun dengan media lainnya dalam konteks literasi dan public reasoning ini kepada masyarakat," ujarnya

Sebentar lagi, kata Asep, kita akan menghadapi Pemilu 2024. "November kampanye, Februari pemilu, itu akan menentukan arah dari pembangunan politik, sosial, ekonomi demokrasi indonesia. Itu ada di tanggung jawab kita sebagai insan akademik."

Narasumber dalam diskusi ini adalah anggota Bawaslu RI Puadi, Dekan FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto, dan Tenaga Ahli KPU RI M Fadlilah. Diskusi dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Fita Faturokhmah.Kegiatan SINDO Goes to Campus seri Dialog Pemilu ini didukung oleh Yamazaki Myroti.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4402 seconds (0.1#10.140)