Kemendag Apresiasi Aplikasi Video Teleconference Anak Perusahaan BUMN

Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:28 WIB
loading...
A A A
Ia mencontohkan moderator memiliki otoritas menentukan pihak yang melakukan presentasi dan mencegah pihak lain yang tiba-tiba melakukan hal yang sama.

Moderator juga memiliki kontrol untuk membatasi berbagai aksi- aksi yang bisa dilakukan oleh user. "Misalnya kita membatasi user lain tidak share webcam, tidak bisa menekan microfon, tidak bisa chat. Bahkan tidak bisa melihat user lain pun itu bisa dilakukan dalam konferensi pers," jelasnya.

Faktor keamanan dari sisi infrastruktur juga menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Server eltran on air dijalankan di Indonesia dan dikelola langsung oleh perusahaan tersebut. Toni menambahkan, untuk mengakses aplikasi ini diperlukan vpn khusus yang disediakan eltran on air.

"Jadi orang luar yang mendapatkan link konference tidak bisa serta merta bergabung. Setiap orang yang mengakses vpn orang akan bisa diidentifikasi siapa saja, dan kita bisa tahu jika ada penyusup dia dari mana, dapat mengakses darimana," ujarnya.

Menurut Toni, aplikasi ini juga bisa untuk pembelajaran jarak jauh dengan menyediakan fitur whiteboard yang bisa berkolaborasi dengan pihak lain. Eltran on air juga bisa diintegrasikan dengan simulator untuk praktek pelatihan untuk peningktan sdm.

"Juga ada fitur poling dan survei yang bjsa digunakan untuk pembelajaran online atau e learning" tegasnya.

Seperti diketahui,Wakil Presiden Ma'ruf Amin diundang menjadi pembicara dalam webinar yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/6/2020).

Webinar tersebut diikuti banyak peserta melalui aplikasi Zoom. Selain itu, acara tersebut juga disiarkan langsung melalui akun YouTube UIN Malang, uinmlg.

Meskipun Ma'ruf tidak dapat hadir dikarenakan mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan Presiden, tetapi ia menyampaikan sambutannya melalui video yang telah direkam sebelumnya.

Sayangnya, saat rekaman video Ma'ruf tersebut ditayangkan pihak panitia, ada gangguan muncul berupa coret-coretan tak beraturan berwarna merah dan biru secara bergantian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)