Ninik Mamak Minangkabau Dukung Galanggang Arang Rayakan WTBOS sebagai Warisan Dunia

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:37 WIB
loading...
Ninik Mamak Minangkabau Dukung Galanggang Arang Rayakan WTBOS sebagai Warisan Dunia
Rangkaian kegiatan Galanggang Arang bertajuk Anak Nagari Merayakan Warisan Dunia telah resmi diluncurkan di Fabriek Bloc, Tabing, Kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis (19/10/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Rangkaian kegiatan Galanggang Arang bertajuk Anak Nagari Merayakan Warisan Dunia telah resmi diluncurkan di Fabriek Bloc, Tabing, Kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis (19/10/23) pekan lalu. Galanggang Arang merupakan rangkaian gelaran atas penetapan situs tambang batubara Ombilin sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Irini Dewi Wanti mengatakan, Galanggang Arang diharapkan bisa menjadi wadah gotong royong bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama memelihara, mengembangkan, dan memanfaatkan Warisan Dunia Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS).

"Tujuannya agar tercipta kesejahteraan masyarakat dengan pendayagunaan ekonomi dan program pariwisata, serta tata kelola tambang batu bara Ombilin Sawahlunto yang berkelanjutan dengan berbasis pada pengetahuan budaya," kata Irini dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).



Rangkaian kegiatan Galanggang Arang terdiri dari pemetaan, lokakarya, dialog warisan budaya, pertunjukan kesenian rakyat, pameran WTBOS, bazar UMKM, dan aktivasi pendukungan anak nagari. Galanggang Arang akan difokuskan di tujuh kabupaten dan kota yang dilalui jalur kereta api, yaitu Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, Kota Sawahlunto, dan Kota Solok. Rangkaian kegiatan akan berlangsung mulai dari Oktober hingga Desember 2023.

Dukungan Ninik Mamak Minangkabau

Galanggang Arang mendapat sambutan positif dari para Ninik Mamak Minangkabau. Mereka ikut merumuskan kesepakatan pada saat dialog warisan budaya bersama para pemuka masyarakat dari nagari-nagari di tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang digelar di Asrama Haji, Tabing, Kota Padang.

Para pemuka masyarakat tersebut terdiri atas Ketua Kerapatan Adat Nagari, Bundo Kanduang, Wali Nagari, dan camat. Mereka dipandang sebagai pelaku penting dalam upaya merawat dan mengembangkan objek-objek warisan budaya. Kesepahaman untuk merawat warisan budaya diharapkan muncul sebagai gerakan bersama.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Gunuang Padang Panjang, Syahrial, mengatakan pihaknya menyambut positif dan mendukung kegiatan Galanggang Arang yang diinisiasi Kemendikbudristek. Ia berharap agar kegiatan ini tak hanya berhenti sebagai ajang seremonial, melainkan menjadi agenda tahunan agar bisa berkesinambungan.

"Intinya, Ninik Mamak mendukung Galanggang Arang yang kaitannya dengan kebudayaan. Namun kami berharap kepada Dirjen Kebudayaan untuk memfasilitasi jika ada gesekan di lapangan, terutama antara pemangku adat, pemerintah daerah, serta PT KAI," ujar Syahrial.

Hal yang sama diungkap Pimpinan Nagari Bidang Ulayat Kanagarian Bukik Suruangan, Padang Panjang, Datuk Tan Majolelo. Menurutnya, jika digelar sebagai agenda tahunan, Galanggang Arang akan bisa memberikan dampak nyata bagi daerah-daerah yang dilibatkan.

"Apalagi jika melibatkan anak-anak nagari, potensi di tujuh titik digelarnya Galanggang Arang akan semakin terangkat, seperti peningkatan ekonomi dan budaya. Kebutuhan dan aspirasi di tujuh daerah bisa terakomodir,” tutur Tan Majolelo yang juga Pengurus Stasiun Padang Panjang.

Selain merumuskan kesepakatan para pemangku adat, dalam peluncuran Galanggang Arang digelar juga dialog mengenai "Aktivasi dan Penguatan Ekosistem WTBOS melalui Sinergitas Anak Nagari dan Kelembagaan” dengan narsumber Yuhefizar yang merupakan Koordinator Masyarakat Peduli Kereta Api Sumatera Barat (MPKAS) serta WTBOS dan dialog “Pelestarian Lanskap Budaya Minangkabau” dengan narasumber Jonny Wongso, yakni Akademisi di bidang Arsitektur, Universitas Bung Hatta.

Tim Kurator Galanggang Arang yang juga moderator dalam dialog budaya, Edy Utama mengatakan, perumusan kesepakatan antara pemangku adat dan pemerintah daerah merupakan hal yang substansi untuk menyukseskan Galanggang Arang serta penguatan WTBOS.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)