Reshuffle Kabinet: Begini Profil Amran Sulaiman dan Harta Kekayaannya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 08:01 WIB
loading...
Reshuffle Kabinet: Begini Profil Amran Sulaiman dan Harta Kekayaannya
Profil dan harta kekayaan Amran Sulaiman yang dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini diulas dalam artikel ini. Foto/Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Profil dan harta kekayaan Amran Sulaiman yang dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) pada hari ini diulas dalam artikel ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Amran Sulaiman akan dilantik di Istana Negara, Jakarta sebagai Menteri Pertanian (Mentan).

Amran akan menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelantikan akan diselenggarakan di Istana Negara sekitar pukul 09.00 WIB.

"Pagi ini, Bapak Presiden akan melantik Menteri Pertanian untuk Sisa Masa Jabatan 2019-2024," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).



Profil Amran Sulaiman

Amran pernah menjabat sebagai Mentan pada periode pertama Presiden Jokowi. Amran ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Mentan pada 27 Oktober 2014.

Pria kelahiran 27 April 1968, Bone, Sulawesi Selatan ini bernama lengkap Andi Amran Sulaiman. Dia adalah anak ketiga dari dua belas bersaudara dari Andi B. Sulaiman Dahlan Petta Linta (ayah) yang seorang veteran, dan ibu Andi Nurhadi Petta Bau.

Amran menyelesaikan sekolahnya di Sulawesi Selatan mulai dari Sekolah Dasar Inpres 10 Mappesangka, Bone. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan sampai dengan jenjang Doktoral di Universitas Hasanuddin Makassar.

Sejak berada di bangku perguruan tinggi, Amran dikenal fokus mengambil studi tentang pertanian. Contohnya, saat berkuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas), Amran mengambil pendidikan di Fakultas Pertanian 1988-1993.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan S2 dengan mengambil Magister Ilmu Pertanian Unhas pada tahun 2002-2003. Lalu, di Perguruan Tinggi yang sama, Amran juga mengambil jenjang pendidikan Doktoral Ilmu Pertanian 2008-2012.

Latar belakang pendidikan Amran itu sejalan dengan perjalanan kariernya di Indonesia. Amran diketahui sempat bekerja di perusahaan Pelat Merah PTPN XIV pada tahun 1997.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0942 seconds (0.1#10.140)