Menggugah Semangat Bangsa, Mahfud MD Bicara soal Geopolitik Soekarno

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:50 WIB
loading...
Menggugah Semangat Bangsa, Mahfud MD Bicara soal Geopolitik Soekarno
Mahfud MD. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pandangan geopolitik yang bisa dijalankan Indonesia adalah geopolitik yang diterapkan Soekarno. Pernyataan itu disampaikan pada 4 Oktober 2022 di Hotel Borobudur Jakarta.

Mahfud MD , yang pada 19 Oktober 2023 didaftarkan sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo, menyampaikan pandangan bahwa gagasan geopolitik Soekarno perlu diperkenalkan kembali dalam konteks saat ini.

Pernyataan ini dibuat dalam sebuah diskusi ilmiah dengan judul "Pemikiran Geopolitik Bung Karno dalam Suara Kebangsaan" yang diadakan oleh Kedeputian VI Kemenko Polhukam.

"Kita perlu kembali menghadirkan konsep Progressive Geopolitical Coexistence karena kita menghadapi banyak masalah internal, dan Bung Karno telah memiliki kerangka konsep tentang cara mengelola keragaman internal," kata Mahfud MD ketika ditemui seusai diskusi.

Menurut Mahfud, pemikiran geopolitik Soekarno memiliki relevansi futuristik yang dapat menjadi panduan dalam menyelesaikan berbagai tantangan saat ini. "Konsep tentang bagaimana kita melihat ke masa depan dan menjadikan geopolitik sebagai dasar pemikiran kita sebenarnya dapat ditemukan dalam pemikiran geopolitik Bung Karno," tambahnya.

Secara definisi yang disampaikan oleh Hasto Kristiyanto saat kuliah umum di Universitas Islam Riau pada Jumat (18/8/2023) : Progressive Geopolitical Coexistence adalah konsep dalam bidang geopolitik yang bertujuan untuk menciptakan kedamaian dan kerjasama antara negara-negara di dunia. Dalam pandangan geopolitik Soekarno, diplomasi luar negeri dan pertahanan bukanlah alat untuk menyerang atau mengeksploitasi kekayaan alam negara lain, melainkan untuk memastikan bahwa dunia bebas dari penjajahan dan semua negara dapat hidup bersama dalam kedamaian.

Oleh karena itu, Mahfud menganggap bahwa diskusi tentang gagasan geopolitik Soekarno memiliki kepentingan yang sangat besar, terutama bagi dirinya yang berfokus pada aspek politik. "Sebagai seorang politikus, salah satu hal yang paling penting dalam pembangunan adalah bagaimana kita memperkuat ideologi dan konstitusi kita," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menekankan bahwa seluruh dimensi pemikiran geopolitik Soekarno memiliki esensi yang signifikan dalam membentuk peran Indonesia dalam tataran global.

"Belajar dari geopolitik ini, kita dapat membangun kepemimpinan Indonesia di berbagai bidang, termasuk pendidikan, olahraga, serta pentingnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta bagaimana kita memperkuat diplomasi," ujarnya.

Hasto menilai gagasan geopolitik Soekarno sebagai suatu pemikiran yang mendorong peradaban global menuju demokratisasi, kemerdekaan dari penjajahan, dan pemberdayaan setiap bangsa di dunia untuk duduk bersama dalam kerangka kesetaraan. "Ini adalah langkah menuju solidaritas internasional melalui kerja sama lintas negara untuk kesejahteraan seluruh umat manusia di seluruh dunia," tegas Hasto.

Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD akan dihadapkan pada tantangan dalam menyatukan Indonesia dan menjunjung tinggi geopolitik. Sebab, Indonesia juga merupakan negara yang memiliki suara di panggung internasional.

Pasangan tersebut sudah menjadikan geopolitik salah satu fokusnya. Dengan visi-misi yang bisa diakses di visimisiganjarmahfud.id, bisa terlihat bahwa mereka sudah mengerti kepentingan atas peran indonesia secara internasional

Dalam visi misi Nomor 8.1.1 Berjudul “Koeksistensi Geopolitik Progresif”, dijelaskan bahwa “Menjalankan politik bebas aktif dengan prinsip Dasasila Bandung untuk memperjuangkan kepentingan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Memperkuat pelibatan global Indonesia yang otonom dalam forum bilateral dan multilateral dalam memperjuangkan perdamaian dunia. Memperkuat komitmen untuk mendukung perjuangan pergerakan rakyat Palestina.“ (https://visimisiganjarmahfud.id).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)