Di Forum Investasi, Presiden Jokowi Sebut Dunia Sekarang Makin Tak Jelas

Selasa, 24 Oktober 2023 - 10:06 WIB
loading...
Di Forum Investasi, Presiden Jokowi Sebut Dunia Sekarang Makin Tak Jelas
Presiden Jokowi dalam forum investasi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023). Foto/ Raka Dwi Novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keadaan dunia saat ini dinilai semakin tidak jelas. Tantangan pun kata Presiden Jokowi, juga semakin bertambah.

"Dunia sekarang ini makin tidak jelas. Tantangan yang kita hadapi juga tidak semakin berkurang, tetapi semakin bertambah," kata Jokowi dalam forum investasi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Jokowi mengungkapkan, perubahan iklim yang dulu dianggap absurd, namun sekarang malah nyata dan dialami. Begitu juga kekeringan, super El Nino, betul-betul dirasakan semua negera.

"Produksi beras turun hampir di semua negara, 22 negara mengerem menstop, tidak eskpor berasnya lagi. Inilah kondisi-kondisi yang dulunya tidak pernah dihitung tapi muncul," jelasnya.



Jokowi mengungkapkan, pelemahan ekonomi global yang ditunggu-tunggu tahun depan akan naik, malah belum. Tidak hanya itu kata Jokowi, kebijakan kenaikan suku bunga yang tinggi dan dalam waktu yang lama oleh Amerika Serikat juga semakin merumitkan utamanya negara-negara yang berkembang.

Capital outflow, lanjutnya, semuanya kembali ke Amerika Serikat yang juga semakin merumitkan semua negara. "Perang-perang yang satu Ukraina belum jelas berakhirnya kapan, muncul lagi perang yang kedua Hamas-Israel. Semakin mengejar semua negara sekarang ini, karena larinya bukan hanya perangnya di Israel dan di Palestina," ucapnya.

"Tetapi kalau meluas melebar ke Lebanon melebar ke Syria melebar nanti misalnya dengan Irak, akan semakin merumitkan masalah ekonomi semua negara, karena harga minyak pasti akan naik," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)