Atasi Kebakaran di Sejumlah TPA, KLHK Lakukan Langkah Penanganan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 06:12 WIB
loading...
Atasi Kebakaran di Sejumlah TPA, KLHK Lakukan Langkah Penanganan
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar telah mengirim telegram yang ditujukan kepada gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia, terkait dengan kondisi kebakaran di beberapa TPA. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar telah mengirim telegram yang ditujukan kepada gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia. Hal ini terkait dengan kondisi kebakaran di beberapa Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menteri LHK mengimbau para gubernur, wali kota, dan bupati di seluruh Indonesia, untuk melakukan hal-hal sebagai berikut, pertama menghentikan sementara operasi TPA. Kedua, membersihkan jalan akse menuju TPA unuk kendaraan pemadam, medis, dan logistik.

"Ketiga, melaksanakan pemadaman api dengan penyiraman air lewat darat dan udara dengan bersinergi TNI dan Polri. Keempat, spot yang sudah padam agar segera ditimbun dengan tanah," kata Menteri Siti dalam keterangannya, Selasa (24/10/2023).

Di samping itu, dalam telegramnya, Menteri LHK memerintahkan pencegahan kebakaran di TPA dengan upaya-upaya, yakni pertama, memelihara lapisan penutup pada timbunan sampah.

"Baik tanah penutup harian untuk daerah landfill yang masih aktifdan lapisan tanah penutup akhir untuk area landfill tidak aktif berupa tanah kompos dan endapan," ujarnya.

Kedua kata dia, hindari kontak timbunan sampah dengan sumber api. Ketiga, melakukan penyiraman timbunan sampah secara berkala utuk menurunkan suhu.

"Keempat, melakukan pengawasan suhu secara berkala untuk menurunkan suhu panas. Kelima, Menyediakan fasilitas tanggap darurat dan sarana-prasarana pengendalian gas metan," tutupnya.

Sebelumnya, Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati menegaskan, kebakaran TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang memiliki risiko yang sangat serius dan dapat mengganggu kondisi stabilitas.

"Mengingat lokasi TPA berada di antara dua runway Bandara Soekarno-Hatta, yang berimplikasi juga terhadap isu penerbangan internasional," ujar Rosa Vivien dalam laporannya kepada Menteri LHK, terkait penanganan dan penanggulangan kebakaran TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang, Senin 24 Oktober 2023.

Di samping itu kata dia, beberapa Industri chemical berbatasan langsung dengan pagar (boundary) TPA, sehingga kalau ini terdampak, resikonya bisa menjadi lebih buruk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)