3 Panglima Kodam Termuda di Pulau Jawa, Ada yang Masih 52 Tahun

Senin, 23 Oktober 2023 - 11:15 WIB
loading...
3 Panglima Kodam Termuda di Pulau Jawa, Ada yang Masih 52 Tahun
Mayjen TNI Mohamad Hasan merupakan perwira tinggi yang saat ini menjabat sebagai Pangdam Jaya sejak 8 Maret 2023. Foto/Dok. Ist
A A A
JAKARTA - Saat ini ada 15 Panglima Kodam yang menjadi komando pertahanan daerah militer di seluruh wilayah Indonesia. Mereka yang menduduki pangkat tersebut semuanya berpangkat Mayor Jenderal atau jenderal TNI bintang dua.

Di Pulau Jawa memiliki empat Komando Daerah Militer (Kodam), yaitu Kodam III Siliwangi, Kodam IV Diponegoro, Kodam V Brawijaya, dan Kodam Jayakarta. Dari keempat Kodam tersebut ternyata dipimpin oleh tiga Pangdam yang tergolong muda.

Berikut tiga Panglima Kodam termuda yang ada di Pulau Jawa.

Panglima Kodam Termuda di Pulau Jawa


1. Widi Prasetijono

3 Panglima Kodam Termuda di Pulau Jawa, Ada yang Masih 52 Tahun


Mayjen TNI Widi Prasetijono merupakan perwira tinggi (pati) yang saat ini tengah mengemban amanat sebagai Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro. Jabatan tersebut mulai diembannya sejak 8 April tahun 2022 lalu.



Jenderal asal Jawa Timur ini lahir di Trenggalek pada 4 Juni 1971 dan saat ini sudah memasuki umur yang ke-52. Selama meniti karier di militer, ia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting.

Salah satunya adalah pernah menjadi mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Dia juga kemudian menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IV/Diponegoro, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus dan terakhir sebagai Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Semua jabatan yang dimilikinya itu, dihasilkan dari proses pendidikan panjang. Setelah lulus Akmil 1993, ia juga melanjutkan banyak pendidikan militer lain, seperti Sesarcabif, Komando dan Susar PARA.

2. Mohamad Hasan

3 Panglima Kodam Termuda di Pulau Jawa, Ada yang Masih 52 Tahun
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)