Jadi Cawapres, Mahfud MD Prioritaskan Penegakan Hukum

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 22:30 WIB
loading...
Jadi Cawapres, Mahfud MD Prioritaskan Penegakan Hukum
Cawapres Mahfud MD. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Calon Wakil Presiden Mahfud MD mengungkapkan sejumlah komitmen dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mahfud berkomitmen untuk memperbaiki penegakan hukum menjadi lebih efektif.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menekankan pentingnya penegakan hukum yang efisien dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jika penegakan hukum dilakukan dengan benar, setengah masalah dari bangsa ini Insyaallah tuntas kalau hukumnya bagus,” ujar Mahfud MD dalam acara Deklarasi Cawapres Ganjar, Rabu (18/10/2023).

Mahfud yang akan mendampingi Capres Ganjar Pranowo itu menyatakan bahwa jika penegakan hukum berjalan dengan baik, banyak masalah yang dihadapi oleh bangsa ini akan bisa terselesaikan karena memiliki hukum yang efisien. Namun, penegakan hukum juga perlu didampingi oleh lembaga penegak hukum yang efektif.



Lembaga penegak hhukum, sesuai dengan namanya, merupakan badan atau lembaga yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan dan menjalankan hukum di dalam suatu negara. Fungsinya adalah sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam menjaga keamanan, ketertiban, serta keadilan dalam masyarakat.

Saat ini Indonesia memiliki beberapa lembaga penegak hukum untuk menegakkan keadilan. Lembaga tersebut adalah Mahkamah Agung dan peradilan khusus, Kejaksaan, Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan Badan Nasional Narkotika (BNN).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)