Data Survei Indikator Ungkap Pemilih PKB Banyak Dukung Ganjar

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:20 WIB
loading...
Data Survei Indikator Ungkap Pemilih PKB Banyak Dukung Ganjar
Capres dan Cawapres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Indikator Politik Indonesia merilis hasil jejak pendapat teranyar. Dari hasil tersebut, Indikator memotret bahwa pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lebih banyak mendukung calon presiden yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo .

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pemilih PKB masih lebih banyak mendukung Ganjar dan Prabowo Subianto, ketimbang mendukung Anies Baswedan.

"Pemilih PKB itu masih banyak yang bocor ke Ganjar Pranowo ini, termasuk bocor juga ke Prabowo. Basis PKB yang memilih Mas Anies capres resmi yang telah dideklarasikan oleh Gus Muhaimin itu baru 23 persen," kata Burhanuddin saat paparkan hasil survei secara daring, Jumat (20/10/2023).



Dari hasil survei tersebut, pemilih PKB yang mendukung Ganjar sebanyak 40,8 persen. Sedangkan yang mendukung Prabowo sebesar 33,9 persen. Sementara pemilih PKB yang mendukung Anies sebanyak 23,4 persen.

Indikator juga memotret pemilih parpol lain yang mendukung kandidat capres tertentu. Hasilnya, pemilih PDI-Perjuangan dan Gerindra solid mendukung kandidat capres yang diusung masing-masing partai.

Mayoritas pemilih PDIP yang mendukung Ganjar sebesar 81,7 persen; mendukung Pranowo hanya 13,6 persen dan mendukung Anies sebesar 4 persen. Sementara pemilih Gerindra mendukung Prabowo sebesar 78,5 persen dan memilih Ganjar dan Anies masing-masing sebesar 9,8 persen.

"Sebagian besar pemilih Golkar mendukung Pak Prabowo tetapi belum mencapai mayoritas. Banyak pemilih Golkar yang bocor ke Ganjar dan Anies," ucapnya. Dari hasil survei itu, pemilih Golkar mendukung Prabowo sebesar 48,3 persen; mendukung Ganjar 28,4 persen dan mendukung Anies sebesar 22 persen.

"Nasdem, sudah mayoritas (64,8 persen) ke Anies, tetapi 20 persen pemilih Nasdem merupakan Pak Prabowo," ucapnya.

Sebagian besar pemilih PKS, solid mendukung Anies. Hasilnya, 75,4 persen mendukung Anies; 13,9 persen mendukung Prabowo dan 10,4 persen mendukung Ganjar. Sementara mayoritas pemilih PAN mendukung Prabowo yakni sebesar 56,4 persen. Sementara 26 persen memilih Anies dan 17,5 persen mendukung Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)