Data Survei Indikator Ungkap Pemilih PKB Banyak Dukung Ganjar

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Untuk Demokrat, pemilih yang mendukung Prabowo sebesar 54,4 persen; mendukung 12,1 persen Ganjar dan yang mendukung Anies sebesar 32 persen.

"Di antara pemilih Demokrat yang tetap loyal memilih Demokrat seetlah Demokrat mengumumkan Pak Prabowo capresnya itu cepat sekali basis demokrat untuk beralih. Berarti mesin Partai Demokrat bekerja efektif, padahal pengumuman Pak Prabowo sebagai capres Demokrat itu belum lama," ucapnya.

Sekedar informasi, Indikator melakukam survei ini sepanjang 2-10 Oktober 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

"Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini jumlah sampel
basis sebanyak 1200 orang yang berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional, kemudian dilakukan oversample di 12 Provinsi yakni Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sulawesi Selatan. Sehingga total sample sebanyak 4.300 responden.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error/MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)