Jokowi: Jangan Berpuas Diri, Tantangan ke Depan Tidak Ringan

Rabu, 16 Agustus 2017 - 12:44 WIB
Jokowi: Jangan Berpuas Diri, Tantangan ke Depan Tidak Ringan
Jokowi: Jangan Berpuas Diri, Tantangan ke Depan Tidak Ringan
A A A
JAKARTA - Persoalan kemiskinan, ketidakadilan, ketidakpastian ekonomi global masih menghantui Indonesia. Gerakan ekstremisme, radikalisme, dan terorisme juga masih menjadi tantangan saat ini dan ke depan.

Dalam pidato sambutan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2017, Rabu (16/8/2017), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau semua pihak tidak berpuas diri dengan apa yang telah dicapai.

"Semua capaian seharusnya tidak membuat kita cepat berpuas diri. Karena tantangan yang kita hadapi sekarang ini dan ke depan tidak lah ringan," kata Jokowi.

Sidang tahunan MPR dihadiri Presiden ketiga RI BJ Habibie, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Hamzah Haz dan Boediono.

Kemudian terlihat juga Shinta Nuriyah Wahid, istri almarhum Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Karlina Umar Wirahadikusumah, istri mantan Wakil Presiden almarhum Umar Wirahadikusumah

Mendapatkan kepercayaan tinggi dari rakyat, menurut Jokowi menjadi tantangan terpenting. Presiden berharap semua lembaga menjadikannya sebagai prioritas bersama.

Dia juga mengajak semua lembaga negara menjadikan rakyat sebagai poros jiwa. Mengajak semua untuk selalu mendengar amanat penderitaan rakyat, bergandengan tangan, bekerjasama, kerja sama untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kepercayaan rakyat adalah jiwa dan sekaligus energi bagi lembaga negara dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing masing," kata Jokowi.

Menutup pidatonya, Presiden Jokowi optimistis dengan semangat persatuan Indonesia, negara mampu menjalankan tugas konstitusional, menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Dirgahayu Negeri Pancasila," kata Jokowi menutup pidato sambutan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7160 seconds (0.1#10.140)