Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 05:35 WIB
loading...
Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer
Sejumlah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990-an peraih Adhi Makayasa yang saat ini menduduki jabatan sebagai Perwira Tinggi (Pati). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990-an peraih Adhi Makayasa yang saat ini menduduki jabatan sebagai Perwira Tinggi (Pati). Mereka kini menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI.

Adhi Makayasa sendiri merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik. Penerima penghargaan ini adalah mereka yang secara seimbang mampu menunjukkan prestasi terbaik di tiga aspek yakni, akademis, jasmani, dan kepribadian (mental).



Penganugerahan Adhi Makayasa diberikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Berikut ini nama-nama peraih Adhi Makayasa tahun 1990-an yang menduduki jabatan Perwira Tinggi di TNI Angkatan Darat (AD):

1. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer

Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik peraih Bintang Adhi Makayasa Akmil 1990 dari kesatuan Infanteri Kopassus. Perwira tinggi TNI AD ini sejak 15 Mei 2023 mengemban amanat sebagai Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat.

Pria kelahiran Buleleng, Bali pada 26 Juni 1967 adalah Pati TNI AD yang sarat dengan prestasi dan kenyang pengalaman di medan operasi. Di antaranya, Operasi Mapenduma di Papua pada 1996 saat masih berpangkat Letnan Satu, dan menjabat sebagai Wakil Komandan Sub Tim Detasemen 81 Penanggulangan Teror atau Sat-81/Gultor Kopassus. Termasuk pembebasan Kapal MV Sinar Kudus pada 2011 dari perompak Somalia saat Dansat 81/Gultor Kopassus.

Selama mengabdi di TNI, berbagai jabatan strategis pernah di embannya, di antaranya Wadansat 81/Kopassus, kemudian naik menjadi Dansat 81/Kopassus, selanjutnya Danpusdikpassus, Pamen Ahli Bidang Taktik Khusus Gultor Danjen Kopassus, Danrem 163/Wirasatya, Danrem 173/Praja Vira Braja. Kariernya semakin cemerlang, dia kemudian dipercaya menjadi Danjen Kopassus, Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III sebelum akhirnya menjadi Koorsahli KSAD.

2. Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso

Pati TNI Peraih Adhi Makayasa 1990-an, Nomor 4 dan 7 Lulusan Terbaik 3 Sekolah Militer


Letjen TNI Teguh Pudjo Rumekso merupakan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa Akmil 1991. Pria kelahiran Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada 20 April 1955 ini merupakan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Sesmenko Polhukam).

Selama meniti karier di Korps Baret Merah Kopassus, Teguh Pudjo Rumekso ini juga diketahui berpengalaman di medan operasi. Dia pernah diterjunkan dalam Operasi Seroja Timor Timur (Timtim) sekarang Timor Leste, serta operasi pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Berbagai jabatan strategis yang pernah diembannya yakni, Dandim 0904/Tanah Grogot, Wadan Grup B Paspampres, Danrem 172/Praja Wira Yakthi. Danpuspenerbad, Pangdam VI/Mulawarman dan kini Sesmenko Polhukam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)