Alasan Ganjar-Mahfud MD Memilih Tugu Proklamasi Jadi Titik Keberangkatan Menuju KPU

Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:23 WIB
loading...
Alasan Ganjar-Mahfud MD Memilih Tugu Proklamasi Jadi Titik Keberangkatan Menuju KPU
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Kamis (19/10/2023). Sekitar pukul 13.10 WIB, KPU menerima dokumen-dokumen persyaratan yang dibawa Ganjar dan Mahfud serta petinggi partai koalisi.

Ganjar dan Mahfud menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ditetapkan menjadi capres dan cawapres kepada KPU. Para pemimpin partai koalisi pun turut hadir mendampingi. Mereka antara lain Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP M Mardiono, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Selain para petinggi partai, pimpinan Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden dan relawan turut ikut dalam mengawal pendaftaran Ganjar-Mahfud.

Sebelum bertolak menuju KPU untuk mendaftar, pasangan Ganjar-Mahfud beserta iring-iringan pendukungnya pergi ke Tugu Proklamasi.

Massa berkumpul memadati Tugu Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat, tempat keberangkatan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD menuju Gedung KPU.

Massa memenuhi kawasan Tugu Proklamasi dan sekitarnya mulai pukul 09.00 WIB. Ribuan orang mulai dari unsur relawan dan partai pengusung, yaitu PDIP, PPP, Perindo dan Hanura.

Ada alasan tersendiri mengapa Tugu Proklamasi ditetapkan menjadi titik awal keberangkatan Ganjar-Mahfud menuju KPU pada Kamis pagi. Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden Ahmad Basarah mengemukakan, Tugu Proklamasi dipilih sebagai titik tolak karena Ganjar-Mahfud akan menjalankan niatnya sebagai kontestan Pilpres 2024 dari tempat ini dan meneruskan cita-cita Proklamasi 1945.

"Saya kira itu inti filosofi mengapa kami memilih tempat gedung proklamasi atau taman proklamasi ini sebagai tempat kami mulai berkumpul dan start untuk menuju KPU pada hari ini," kata Basarah di lokasi, Kamis (19/10/2023).

Mahfud dalam pidatonya di Tugu Proklamasi menjelaskan suara proklamasi kepada ribuan masyarakat yang hadir yang mendampingi dirinya bersama Ganjar. Menurutnya, merdeka adalah kemerdekaan yang bermartabat, tanpa tekanan dari kekuatan lain.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)