5 Fakta Mahfud MD yang Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Rabu, 18 Oktober 2023 - 13:56 WIB
loading...
5 Fakta Mahfud MD yang Resmi Jadi Cawapres Ganjar Pranowo
Mahfud MD dideklarasikan sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Foto/SINDOnews/Aziz Indra
A A A
JAKARTA - Mahfud MD baru saja dideklarasikan sebagai cawapres Ganjar Pranowo . Keduanya akan berpasangan sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024 .

Mahfud MD sendiri merupakan seorang akademisi, hakim, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Dia juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sejak 23 Oktober 2019.

Sebelum itu, Mahfud MD sudah mengemban banyak jabatan penting dalam pemerintahan. Berikut fakta-fakta tentang Mahfud MD.

Fakta tentang Mahfud MD


1. Pakar Hukum Tata Negara


Mahfud MD adalah seorang cendekiawan hukum yang telah menempuh pendidikan di berbagai lembaga, mulai dari pesantren, sekolah guru agama, hingga universitas. Ia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) pada 1978 dan melanjutkan studi S2 dan S3 di bidang hukum tata negara di Universitas Gadjah Mada (UGM).



Sepanjang pendidikannya itu, Mahfud pun menuntaskan gelarnya sebagai guru besar atau Profesor dalam bidang Hukum Tata Negara. Sebelum diangkat sebagai menteri, Mahfud MD adalah pengajar dan Guru Besar Hukum Tata Negara di UII, Yogyakarta.

2. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi


Melihat latar belakang kariernya, Mahfud MD rupanya juga pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi. Jabatan penting ini diembannya selama lima tahun, mulai dari 2008 hingga 2013. Waktu itu Mahfud MD ditugaskan untuk menggantikan Prof. Jimly Asshiddqie.

3. Pernah Jadi Menteri Pertahanan Indonesia Era Gus Dur


Pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, Mahfud MD sudah dipercaya sebagai Menteri Pertahanan. Kala itu dirinya ditugaskan untuk menggantikan Prof. Juwono Sudarsono.



Namun jabatannya Mahfud MD ini tidak lama, hanya satu tahun saja dari 2000 hingga 2001. Jabatan tersebut kemudian diisi oleh Jenderal Agum Gumelar.

4. Menteri Andalan Presiden Jokowi


Semasa Presiden Jokowi Menjabat, Mahfud MD dua kali ditugaskan sebagai menteri. Pada periode pertama dirinya ditugaskan sebagai Menteri Pertahanan Indonesia. Kemudian di periode kedua, Mahfud MD menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia.

Presiden Jokowi tentu tidak salah pilih dalam urusan menteri. Sebab, Mahfud MD telah memiliki banyak pengalaman yang luas dalam dunia politik. Mulai dari Menteri Pertahanan, Menteri Kehakiman dan HAM, Anggota DPR, Wakil Ketua Badan Legislatif DPR, dan Ketua Mahkamah Konstitusi.

5. Cawapres Ganjar Pranowo 2024


Pria kelahiran Omben, Sampang Jawa Timur ini secara resmi telah diusung oleh PDI-Perjuangan sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada pemilihan Presiden 2024.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Rabu, 18 Oktober 2023 di Kantor DPP PDIP Jakarta. Mahfud MD dipilih dari sejumlah nama yang sebelumnya santer disebut-sebut sebagai kandidat cawapres Ganjar, seperti Khofifah Indar Parawansa, Sandiaga Uno, dan Ridwan Kamil.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)