Timbulkan Tragedi Kemanusiaan, PKB: Perang Hamas-Israel Harus Dihentikan

Minggu, 15 Oktober 2023 - 20:39 WIB
loading...
Timbulkan Tragedi Kemanusiaan, PKB: Perang Hamas-Israel Harus Dihentikan
Ketua DPP PKB Faisol Riza mendesak perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina harus segera dihentikan karena menimbulkan tragedi kemanusiaan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konflik bersenjata antara Hamas dengan Israel, di Gaza, Palestina semakin memanas. Mencermati hal tersebut, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai perang harus segera dihentikan karena menimbulkan tragedi kemanusiaan.

Ketua DPP PKB Faisol Riza mengatakan, atas nama umat Islam di seluruh dunia yang percaya bahwa Islam lebih mencintai perdamaian daripada peperangan dan kemanusiaan adalah nilai-nilai dasar dari rahmatan lil alamin.

"Kami mengecam perang Hamas-Israel sebagai tragedi kemanusiaan yang telah merenggut nyawa ribuan korban warga sipil, penyanderaan terhadap para perempuan dan anak-anak, dan ratusan ribu warga terpaksa mengungsi," ujarnya, Minggu (15/10/2023).

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengecam semua bentuk serangan, kekerasan dan kekejaman semua pihak yang mengatasnamakan ajaran agama, termasuk agama Islam.



"Kaidah-kaidah agama yang kami yakini justru mengajarkan rasa cinta kasih antarsesama, penghormatan terhadap kelompok lain dan menjaga persaudaraan umat manusia," ucapnya.

Kekerasan, penyanderaan, pembunuhan, dan bentuk-bentuk kekerasan lainnya yang dilakukan Hamas maupun serangan-serangan yang dilancarkan Isarel ini jauh dari prinsip dasar yang diajarkan Islam.

Baca Juga: Bertemu Para Dubes, Cak Imin Galang Dukungan Bela Palestina

"Oleh karena itu, kami meminta segeralah menghentikan peperangan, kekerasan dan kekejaman yang sangat merugikan kedua belah pihak terutama warga sipil," ujarnya.

PKB menyarankan agar kedua belah pihak kembali duduk di meja perundingan untuk membangun dialog yang setara, sehat, demokratis dan transparan.

"Atas nama kemanusiaan, kami meminta Hamas untuk membebaskan seluruh sandera warga sipil terutama para perempuan, anak-anak dan para orang tua serta pada saat yang sama kami meminta Israel untuk membuka akses bantuan kemanusiaan yang datang dari berbagai penjuru dunia," paparnya.

Faisol menambahkan, atas perdamaian dunia, PKB bersedia menjadi bagian dari proses damai antara Israel-Palestina dan akan mengajak semua bangsa untuk berperan aktif membantu proses perdamaian ini. "Kami juga terus mendukung Palestina menjadi negara yang merdeka dan berdaulat," tegasnya.

PKB, kata Faisol, akan terus meminta Pemerintah Indonesia untuk berperan lebih aktif dalam mendorong perdamaian di kawasan tersebut dan kemerdekaan Palestina. "PKB selalu berdiri di depan untuk mengusahakan perdamaian abadi dan menghentikan seluruh bentuk kekerasan antarsesama," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)