Sukses Kembangkan Ekonomi dan Investasi, Bupati Tabanan Raih KDI 2017

Rabu, 02 Agustus 2017 - 23:15 WIB
Sukses Kembangkan Ekonomi dan Investasi, Bupati Tabanan Raih KDI 2017
Sukses Kembangkan Ekonomi dan Investasi, Bupati Tabanan Raih KDI 2017
A A A
JAKARTA - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 yang diselenggarakan KORAN SINDO. Prestasi ini sangat membanggakan lantaran Bupati Ni Putu Eka dinilai berhasil menaikkan derajat ekonomi warga sekaligus meningkatkan pertumbuhan investasi di Tabanan.

Atas penghargaan ini, Bupati Ni Putu Eka menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga Tabanan, dan berbagai pihak yang telah mewujudkan Tabanan semakin maju. Kabupaten Tabanan, Bali yang terdiri dari pegunungan dan pantai, lanjut Ni Putu, menyimpan sumber daya alam yang melimpah.

Terletak di selatan Pulau Dewata, daerah seluas 839,33 Km2 berada pada ketinggian 0-2.276 mdpl sehingga dianugerahi alam subur yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam. Hal tersebut menjadikan masyarakat Tabanan yang berjumlah 495.550 jiwa sebagian besar menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian.

Pemkab Tabanan memberikan perhatian besar pada sektor ini dengan memberikan bantuan modal, peralatan hingga pelatihan untuk meningkatkan taraf hidup petani. Hasilnya sektor pertanian di Tabanan cukup menggeliat, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,4% sejalan dengan peningkatan pendapatan per kapita sektor pertanian dari tahun ke tahun yang terus bertambah.

Tercatat pada 2010 pendapatan per kapita sektor pertanian di Tabanan baru mencapai Rp26,5 juta. Kemudian meningkat menjadi Rp40 juta di 2015 dan saat ini diperkirakan sudah diangka Rp60 juta. Hal ini tidak lepas dari kebijakan Pemkab Tabanan yang memanjakan petani dengan sejumlah program prorakyatnya.

Mulai dari pembebasan pajak bagi petani, pendirian BUMDa dan BUMDes yang berperan menjaga keberadaan para petani, hingga kebijakan mengganti rugi petani apabila mengalami gagal panen. “Saya kasihan sama petani, bayangkan masak ke depan kita ingin makan sagu. Kenapa tidak ada yang perhatikan mereka,” kata Ni Putu Eka.
Sukses Kembangkan Ekonomi dan Investasi, Bupati Tabanan Raih KDI 2017


Keberpihakannya pada sektor pertanian diikuti diversifikasi pada sektor ini juga sukses menekan angka pengangguran di Tabanan dari semula berjumlah 7.500 orang, kini tersisa hanya 1.500 orang.

Salah satu tantangan pengembangan sektor pertanian saat ini adalah makin berkurangnya lahan garapan yang beralih fungsi menjadi pabrik serta pemukiman. Pemkab Tabanan menyadari hal itu dengan mengeluarkan peraturan yang tegas tentang pengkavlingan.

Tidak sampai di sana, pemerintah setempat juga menyiasati dengan membangun kesadaran masyarakat menjaga lahan pertaniannya dari tangan pengembang. Prestasi-prestasi inilah yang akhirnya mengantarkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meraih penghargaan KDI 2017 kategori ekonomi dan investasi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4806 seconds (0.1#10.140)