Hasil Survei SMRC di Kalangan NU Jatim, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Menang Telak

Kamis, 12 Oktober 2023 - 22:14 WIB
loading...
Hasil Survei SMRC di Kalangan NU Jatim, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Menang Telak
Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebut duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil paling didukung nahdliyin di Jawa Timur (Jatim). Duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil didukung hampir 50% persen responden. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyebut duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil paling didukung nahdliyin di Jawa Timur (Jatim). Duet Ganjar Pranowo -Ridwan Kamil didukung hampir 50% persen responden, jauh di atas dua pasangan lainnya.

Berdasarkan survei SMRC, duet Ganjar-Ridwan Kamil meraup suara sebesar 46,3%. "Di kalangan NU Jawa Timur, dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga pasangan, Ganjar-Ridwan mendapat dukungan 46,3 persen," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani, Kamis (12/10/2023).

Duet mantan Gubernur Jawa Tengah dan Jawa Barat itu pun menang telak dari capres-cawapres lainnya. Simulasi Prabowo Subianto-Erick Thohir hanya mendapatkan suara 22,9%.

Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang dideklarasikan pada 2 September 2023 di Surabaya, berada di posisi terbawah dengan mengantongi angka 10,1%. Jumlah tersebut lebih sedikit dari jumlah responden yang memilih untuk tidak memberikan jawabannya dengan jumlah 20,7%.



Menurut Saiful, dalam simulasi ini SMRC belum memasangkan Ganjar atau Prabowo dengan nama-nama lain. Ganjar masih dipasangkan dengan Ridwan Kamil dan Prabowo dengan Erick Thohir. Tujuannya adalah untuk melihat efek elektoral pemilihan presiden setelah deklarasi Anies–Muhaimin.

Sebagai tambahan, populasi survei SMRC yang digelar pada 2 sampai 11 September 2023 kali ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilu. Responden merupakan masyarakat yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 180 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 150 atau 83%. Sebanyak 150 responden ini yang dianalisis.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 8,2% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Waktu wawancara lapangan 2-11 September 2023.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)