3 Fakta Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Jabar yang Masuk Bursa Cawapres Ganjar Ternyata Lulusan Amerika Serikat

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 18:42 WIB
loading...
3 Fakta Ridwan Kamil, Mantan Gubernur Jabar yang Masuk Bursa Cawapres Ganjar Ternyata Lulusan Amerika Serikat
Salah satu figur yang mencuri perhatian dalam konteks bursa cawapres Ganjar Pranowo adalah Ridwan Kamil. Mantan Gubernur Jabar itu memiliki segudang prestasi dan juga pengalaman memadai. Foto: Dok MPI
A A A
JAKARTA - Salah satu figur yang tengah mencuri perhatian dalam konteks bursa cawapres Ganjar Pranowo adalah Ridwan Kamil . Mantan Gubernur Jawa Barat itu memiliki segudang prestasi dan juga pengalaman yang memadai ketika dirinya memimpin Tanah Pasundan.



Berikut beberapa fakta mengenai Ridwan Kamil, salah satu kandidat cawapres Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas terkuat di Jabar.

3 Fakta Ridwan Kamil

1. Arsitek dan Lulusan Amerika Serikat

Pria kelahiran Bandung tahun 1971 itu mendapat gelar insinyur pada usia 24 tahun dari jurusan arsitek Institut Teknologi Bandung (ITB) dan dirinya meneruskan kuliah S2 ke University of California, Berkeley, Amerika Serikat melalui jalur beasiswa.

Setelah dirinya kembali dari Amerika Serikat, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil diketahui membangun perusahaan kontraktor yang bergerak dalam bidang konsultan perencanaan, arsitektur, dan desain. Dari sinilah dirinya mulai terkenal terutama di kalangan arsitek.

Keahliannya sebagai arsitek mengundang decak kagum banyak orang. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia internasional. Ridwan Kamil meraih sejumlah penghargaan berkat buah tangannya.

Selain berkarier sebagai seorang arsitek, Kang Emil juga rupanya menjadi dosen tidak tetap di ITB, tempat dia sebelumnya belajar mengasah pengetahuannya.

2. Mengawali Karier Politik sebagai Wali Kota Bandung Dilanjutkan Gubernur Jabar

Ridwan Kamil juga diketahui memiliki kepedulian yang kuat dan mendalam terhadap kemajuan Kota Bandung. Dia kemudian memberanikan diri terjun ke politik dengan maju sebagai Wali Kota Bandung dan terpilih untuk periode 2013-2018 setelah memenangkan Pilkada Kota Bandung.

Saat menjabat wali kota, Kang Emil melakukan berbagai program prorakyat dan berhasil membesarkan nama Bandung di tingkat internasional. Salah satu pencapaian besarnya adalah ketika Kota Bandung menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) yang tidak lepas dari kontribusinya.

Selain itu, pada Pilgub Jabar 2018, Kang Emil maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum. Salah satu prestasinya adalah ketika dia menyabet penghargaan Provinsi Terbaik Pertama dan Kepala Daerah Terbaik Pertama dari KLHK.

3. Memiliki Elektabilitas Tertinggi di Jabar

Dengan pengalaman yang lama sebagai pemimpin di Jawa Barat, terutama selama masa jabatannya sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar, kinerjanya yang prorakyat dan program-program inovatifnya telah membuat Kang Emil sebagai sosok berkomitmen untuk kemajuan daerahnya.

Selain itu, Ridwan Kamil juga dengan terbuka pernah menyatakan bahwa elektabilitasnya sangat tinggi di Jawa Barat karena pengalamannya tersebut. Diketahui, provinsi ini juga memiliki jumlah pemilih terbanyak di Indonesia.

Dia yakin jika menjadi cawapres mendampingi Ganjar maka akan tercipta sinergi kuat untuk mengumpulkan suara dari Jawa Barat.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)