Jaga Komoditas Pangan, Ganjar Ingin Bulog Kembali ke Fungsi Awal

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 23:40 WIB
loading...
Jaga Komoditas Pangan, Ganjar Ingin Bulog Kembali ke Fungsi Awal
Bakal Calon Presiden yang didukung Partai Perindo Ganjar Pranowo. Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo menyampaikan usulan agar Badan Urusan Logistik ( Bulog ) kembali ke fungsi awal, yakni mengurus serta mengelola komoditas pangan nasional.

Hal tersebut ditekankan Ganjar dalam acara diskusi Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis, 12 Oktober 2023.

"Kalau kita mau bicara hari ini ketahanan pangan mesti tahan. Stoknya cukup kita berdaulat, maka Bulog mesti dikembalikan fungsinya awal sehingga urusan komoditas pangan ini adalah urusan negara tidak boleh diliberalkan," kata Ganjar.

Ganjar menekankan alangkah baiknya Bulog tidak sekadar mengurus beras saja. Namun juga ikut mengawasi semua urusan komoditas pangan yang ada di Indonesia.


“Tidak boleh diliberalkan, sehingga kita bisa mengontrol semuanya karena bangsa ini butuh kepastian akan pangan nasional,” ujar pria berambut putih ini.

Mantan Anggota DPR RI itu menuturkan, sekarang ini seluruh dunia sedang menjaga stok pangannya masing-masing untuk menghadapi ketidakpastian yang sedang melanda seluruh dunia.

“Dan kita melihat dunia sedang menjaga pangannya masing-masing,” ujarnya. Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini meminta pengembalian fungsi bulog agar dapat segera dilakukan.

Dengan harapan semua produksi pangan di tanah air bisa dikelola dengan baik oleh Bulog yang nantinya bisa dipergunakan untuk kepentingan nasional.

“Maka segera kita kembalikan fungsi itu agar seluruh produksi kita bisa dikelola, minimal untuk kepentingan nasional kita,” ucap Ganjar.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)