Putusan MK soal Gugatan Usia Capres-Cawapres Diharapkan Tak Degradasi Demokrasi

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:34 WIB
loading...
Putusan MK soal Gugatan Usia Capres-Cawapres Diharapkan Tak Degradasi Demokrasi
Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani berharap MK tetap dapat menjaga derajatnya dan kualitas demokrasi dalam memutuskan uji materi yang mengatur batas usia minimal capres dan cawapres. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani berharap Mahkamah Konstitusi (MK) tetap dapat menjaga derajatnya dan kualitas demokrasi dalam memutuskan uji materi pasal di UU Pemilu yang mengatur batas usia minimal capres dan cawapres.

"Kami menaruh kepercayaan dan menyerahkan sepenuhnya kepada Hakim MK untuk memutuskan ini. Kita berharap sebagai lembaga negara yang lahir dari rahim reformasi, MK menjadi garda terdepan dalam menjaga derajat dan kualitas demokrasi, bukan sebaliknya," ujar Kamhar Lukmani, Kamis (12/10/2023).



Dia menekankan Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepercayaan ke hakim-hakim MK untuk memutus perkara tersebut. Namun, Kamhar mengingatkan MK merupakan lembaga negara yang dilahirkan dari rahim reformasi. Dia berharap putusan yang diberikan MK tak mendegradasi demokrasi.

"Kami tentunya menaruh harapan besar agar keputusan yang ambil MK nantinya tidak mendegradasi demokrasi dan semangat reformasi," lanjutnya.

Pada Senin (16/10/2023) mendatang, MK diagendakan bakal melaksanakan persidangan dengan agenda pembacaan putusan terhadap uji materi pasal di UU Pemilu yang mengatur tentang batas usia minimal capres-cawapres.



Putusan itu hanya berjarak tiga hari jelang pendaftaran capres-cawapres. Masa pendaftaran capres cawapres peserta Pilpres 2024 akan digelar pada 19-25 Oktober 2023.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)