Respons PDIP Soal Amien Rais Minta Menpan RB Mundur

Senin, 24 Juli 2017 - 14:48 WIB
Respons PDIP Soal Amien Rais Minta Menpan RB Mundur
Respons PDIP Soal Amien Rais Minta Menpan RB Mundur
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) enggan mengambil pusing menanggapi keinginan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais agar Asman Abnur mundur dari jabatan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Sebab, hal demikian dianggap bukan urusan PDIP.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Andreas Hugo Pareira, hal demikian merupakan urusan PAN. "Yang membikin persoalan PAN, bukan PDIP. Ini persoalan siapa yang komit dan siapa yang tidak komit," kata Andreas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

(Baca juga: Respons Zulkifli Hasan Soal Permintaan Amien Agar Menpan RB Mundur )

Namun, dia enggan mendorong keinginan Amien Rais tersebut. Sebab, hal demikian dianggapnya merupakan hak Presiden Jokowi. "Tidak ada yang memaksa dia tetap di kabinet dan masih ada yang lebih kompeten untuk posisi itu," papar anggota komisi I DPR ini.

Adapun keinginan Amien Rais agar Asman Abnur mundur dari jabatan Menpan RB itu sebagai respons dari pernyataan sejumlah elite PDIP bahwa PAN sudah bukan lagi pendukung pemerintah.

(Baca juga: Keinginan Amien Rais Agar Menpan RB Mundur Dinilai Sebuah Masukan )

Sebab, Fraksi PAN tidak sejalan dengan pemerintah mengenai rancangan undang-undang tentang Penyelenggaraan Pemilu. Fraksi PAN bersama Partai Demokrat, Gerindra, dan PKS tidak ikut melakukan voting memutuskan paket lima isu krusial RUU Pemilu.

(Baca juga: Jawaban Asman Diminta Mundur Amien Rais dari Kabinet Jokowi-JK )

Maka itu, keempat fraksi tersebut melakukan aksi walk out dari ruang rapat paripurna DPR, Jumat 21 Juli 2017 dini hari.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)