Pilpres 2024, Benarkah Presiden Jokowi Dukung Penuh Ganjar?

Minggu, 08 Oktober 2023 - 14:31 WIB
loading...
Pilpres 2024, Benarkah Presiden Jokowi Dukung Penuh Ganjar?
Saidiman Ahmad, seorang peneliti dari SMRC, menginterpretasikan bahwa Presiden Jokowi telah secara tegas mendukung Ganjar Pranowo sebagai Bacapres 2024. Foto/Erfan Erlin
A A A
JAKARTA - Saidiman Ahmad, seorang peneliti dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), menginterpretasikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah secara tegas mendukung Ganjar Pranowo sebagai Bacapres 2024. Partai Perindo pun menjadi partai pendukung Ganjar di Pilpres 2024.

Indikasi dukungan ini muncul karena Jokowi dan Ganjar tampak dekat saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada tanggal 29 September 2023. Pada acara tersebut, Jokowi, Ganjar, dan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, tampil bersama.

Jokowi juga secara tegas menyampaikan pesannya kepada Ganjar mengenai peran yang akan dijalankan olehnya setelah pelantikannya.

"Saat itu, Jokowi berada dalam satu kerangka dengan Megawati dan Ganjar. Jokowi juga dengan jelas menyampaikan kepada Ganjar bahwa setelah dilantik, Ganjar akan segera terlibat dalam sektor ketahanan pangan," kata Saidiman dalam pernyataannya di Jakarta pada tanggal 2 Oktober 2023.

"Menurut pendapat saya, Jokowi ingin membantah anggapan beberapa pihak bahwa dukungannya tidak untuk Ganjar," tambahnya.



Saidiman menganggap, sikap Jokowi terhadap Megawati dan Ganjar dalam Rakernas ini merupakan sebuah sinyal bahwa Jokowi sepakat dengan keputusan resmi PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

"Jokowi ingin menegaskan bahwa ia masih merupakan kader PDIP dan bahwa partainya saat ini mendukung Ganjar Pranowo. Saya tidak melihat Jokowi melupakan komitmen partainya," ujar Saidiman, yang menolak pandangan bahwa hubungan antara Jokowi, Megawati, dan Ganjar tidak harmonis.

Saidiman juga mencatat hasil survei SMRC yang dirilis pada Mei 2023, di mana sebanyak 81,7 persen masyarakat Indonesia puas dengan kinerja Jokowi sebagai Presiden.

Saidiman berpendapat, Ganjar memiliki peluang besar untuk mendapatkan dukungan dari pendukung Jokowi yang juga mendukung Prabowo, selama Ganjar terus sejalan dengan pandangan Jokowi dan jika Jokowi terus mengungkapkan dukungannya kepada Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3140 seconds (0.1#10.140)