Politikus PDIP: Ganjar Pranowo Punya Simpanan Potensi Dukungan

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 19:21 WIB
loading...
Politikus PDIP: Ganjar Pranowo Punya Simpanan Potensi Dukungan
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimistis dukungan kepada Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo akan terus meningkat. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) optimistis dukungan kepada Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo akan terus meningkat. Strategi sosialisasi melalui udara dan darat akan semakin massif, sehingga masyarakat yang masih ragu akan lebih mantap memilih Ganjar.

"Mas Ganjar itu masih punya simpanan potensi dukungan yang relatif tinggi," kata politikus PDIP Andreas Hugo Pareira, Jumat (6/10/2023).

Andreas memiliki alasan kuat. Dia berpendapat, potensi kedisukaan terhadap Ganjar jauh lebih baik dibandingkan bacapres lain. Dari sisi rekam jejak kinerja, Ganjar sukses membangun Provinsi Jawa Tengah.

Secara personal, Ganjar punya karakter yang disukai masyarakat. "Kuncinya adalah semakin masif sosialisasi, maka elektabilitas naik. Potensi kedisukaan terhadap Ganjar jauh lebih baik dari capres lain. Karena karakter dan performa kepribadian yang original dan menarik sebagai pemimpin," tuturnya.

Diketahui, Ganjar Pranowo menjadi bakal calon presiden yang paling banyak dipilih oleh kelompok generasi Z. Kelompok ini merupakan mereka yang masuk dalam rentang usia 17-25 tahun. Hal ini terpotret dalam hasil survei yang baru saja dirilis oleh Litbang Kompas.

Dalam survei ini, Litbang Kompas ingin mengetahui capres pilihan anak muda. Dalam temuan survei ini, terlihat Ganjar Pranowo mendapatkan perolehan angka sebesar 31 persen. Posisi itu diikuti oleh Pranowo Subianto dengan proporsi pilihan sebesar 28,2 persen.

Berikutnya, ada Anies Baswedan yang berada di posisi ketiga dengan persentase sebesar 8,2 persen. Survei periodik dengan wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Juli-7 Agustus 2023.

Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis di 38 provinsi di Indonesia. Menggunakan metode ini, margin of error yang diterapkan sekitar 2,65 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Survei tersebut juga merangkum tiga kriteria utama yang menjadi pertimbangan Gen Z dalam memilih calon presiden, yaitu tegas dan berwibawa (25,5%), kesederhanaan dan merakyat (24,8%), serta berprestasi sebagai pemimpin (19,2%).

Andreas mensyukuri hasil positif survei Litbang Kompas yang menempatkan Ganjar di posisi puncak elektabilitas bacapres. Hasil survei tersebut jadi motivasi bagi pendukung Ganjar untuk terus bekerja keras menjalankan strategi pemenangan Pilpres 2024.

"Ini tentu hasil dari kerja keras dari capres Mas Ganjar. Kader partai dan relawan agar terus menyosialisasikan Mas Ganjar," pungkas Andreas.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)