Jadi Tuan Rumah FCE 2023, Sandiaga Dorong Indonesia Jadi Pemimpin Ekonomi Kreatif

Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:58 WIB
loading...
Jadi Tuan Rumah FCE 2023, Sandiaga Dorong Indonesia Jadi Pemimpin Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan FCE digelar untuk merencanakan langkah-langkah yang akan diambil untuk membentuk ekonomi kreatif global. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar konferensi ekonomi kreatif tingkat dunia, yaitu Friends of Creative Economy (FCE). Acara tersebut diselenggarakan di Indonesia Convention Center.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan FCE digelar untuk merencanakan langkah-langkah yang akan diambil untuk membentuk ekonomi kreatif global. Forum ini juga membahas perkembangan ekonomi kreatif di negara-negara yang mengambil resolusi ekonomi kreatif sebagai ekonomi masa depan.

Pembahasan meliputi tren, tantangan, dan peluang dalam sektor ekonomi kreatif di negara peserta FCE 2023. "Kami mengundang beberapa negara yang telah mengadopsi komitmen kita di PBB, di mana ekonomi kreatif adalah ekonomi masa depan. Dengan menciptakan semangat inklusif dan lapangan kerja yang kita targetkan sejumlah 25 juta lapangan kerja dari sisi ekonomi kreatif," jelas Sandiaga.



Forum ini juga masih merupakan bagian dari World Conference on Creative Economy (WCCE) yang akan digelar di Uzbekistan pada 2024. Pembahasan FCE 2023 mempertimbangkan hasil dari WWCE sebelumnya, dan akan fokus pada tiga agenda utama yaitu mengeksplorasi Bali Creative Economy Roadmap, Measuring the Creative Economy, dan Adapting Creative Sensibility.

"Ini adalah bagian tidak terpisahkan dari WWCE. Tahun lalu WWCE diadakan di Bali, sebagai bagian dari G20, dan kita dorong semangat global recover inklusif creative," ucapnya.



Sandiaga menambahkan inklusi creatif ini sudah bergerak menuju ekonomi hijau, berkelanjutan dan ekonomi yang terdigitalisasi. Perkembangan teknologi, juga, mengubah operasional sektor ekonomi kreatif. Para peserta FCE tentu akan membahas penggunaan teknologi untuk mendorong ekonomi kreatif.

"Bahwa inklusi kreatif ini sudah bergerak menuju ekonomi hijau, berkelanjutan dan ekonomi yang terdigitalisasi. Makanya itu saya berharap kita menggunakan untuk mendorong posisi Indonesia sebagai leader dari ekonomi krearif," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)