Wapres Ma’ruf Amin Soroti Baru 52% Pemda se-Indonesia yang Manfaatkan Teknologi Digital

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:27 WIB
loading...
Wapres Ma’ruf Amin Soroti Baru 52% Pemda se-Indonesia yang Manfaatkan Teknologi Digital
Wapres Ma’ruf Amin menyoroti baru 52% pemda se-Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital dalam semua lini penyelenggaraan pemerintahannya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyoroti baru 52% pemerintah daerah (pemda) se-Indonesia yang memanfaatkan teknologi digital dalam semua lini penyelenggaraan pemerintahannya.

Wapres mengungkapkan data hal ini dari indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah pada tahun 2022 yang mencatat peningkatan sebanyak 84 pemda yang telah sampai ke tahap digital. Sementara, total ada 514 pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kota dan 38 untuk tingkat provinsi.



“Secara kumulatif jumlah pemda yang telah mencapai ke tahap digital sekitar 52% dari total pemda se-Indonesia,” ujar Wapres ketika menghadiri secara virtual Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), Selasa (3/10/2023).

Wapres mendorong ke depan diperlukan terobosan berkelanjutan untuk memastikan digitalisasi daerah terimplementasi di seluruh pemda sehingga manfaat transformasi ekonomi digital betul-betul dirasakan seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam konteks pemanfaatan teknologi digital, Wapres menekankan, peningkatan literasi digital masyarakat juga harus menjadi perhatian. Untuk itu, diperlukan sinergi dan koordinasi antara lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan terkait.

Wapres pun berharap digitalisasi daerah mendukung pemberdayaan UMKM dan pengembangan produk dalam negeri sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia.



“Ke depan, pemanfaatan teknologi digital juga diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas belanja pemerintah daerah, termasuk untuk mendukung pemberdayaan UMKM dan pengembangan produk dalam negeri,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)