10 Komisaris Jenderal Polri Aktif yang Berasal dari Korps Reserse, Salah Satunya Wakapolri

Jum'at, 29 September 2023 - 10:34 WIB
loading...
A A A
Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel adalah lulusan terbaik Akpol tahun 1988 yang berpengalaman di bidang Reserse. Saat ini dirinya tengah menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Dalam riwayatnya, Ryco termasuk polisi yang pernah mendapatkan kenaikan pangkat yang luar biasa. Kenaikan pangkat tersebut terjadi saat dia tergabung dalam tim Bareskrim saat melumpuhkan teroris pada tahun 2005.

8. Putu Jayan Danu Putra


Komjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra merupakan lulusan Akabri tahun 1989. Saat ini dirinya tengah mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara.

Selain menjalani pendidikan wajib Akabri, ia juga menjalani beberapa pendidikan kepolisian lain seperti PTIK, SESPIM dan SESPIMTI.

9. R.Z. Panca Putra


Selanjutnya ada nama Komjen. Pol. R.Z. Panca Putra. Saat ini dia tengah menjabat di luar struktur Polri sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional.

Panca sendiri merupakan lulusan Akpol 1990 yang berpengalaman di bidang reserse. Jabatan terakhir dari jenderal yang satu ini adalah Kapolda Sumatera Utara.

10. Tomsi Tohir


Komjen. Pol. Tomsi Tohir merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 29 Juni 2022 mengemban amanat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Jenderal asal Bandar Lampung ini masuk dalam lulusan Akpol tahun 1990. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Politik Kapolri.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)