Letkol Untung, Sosok Komandan Cakrabirawa yang Jadi Aktor G30S PKI

Rabu, 27 September 2023 - 13:44 WIB
loading...
Letkol Untung, Sosok Komandan Cakrabirawa yang Jadi Aktor G30S PKI
Penangkapan Letkol Untung Syamsuri yang terlibat peristiwa G30S PKI. Foto/YouTube/Istimewa
A A A
JAKARTA - Letkol Untung Syamsuri merupakan salah seorang perwira Angkatan Darat Indonesia yang namanya melejit setelah punya peran dalam peristiwa G30S PKI . Sebelum ikut serta dalam G30S, dia juga punya andil di peristiwa PKI Madiun.

Pemberontakan G30S PKI telah menjadi sejarah kelam yang tak terlupakan bagi masyarakat Indonesia. Tak heran bila setiap tokoh yang punya andil dalam aksi tersebut masih dicap sebagai penjahat negara.

Beberapa nama seperti D.N. Aidit, Sjam Kamaruzaman, dan Letkol Untung Syamsuri menjadi tiga tokoh muncul sebagai kunci peristiwa G30S PKI. Dari tiga nama tersebut, hanya Letkol Untung saja yang berasal dari militer.

Keterlibatan Letkol Untung di PKI Madiun


Letkol Untung lahir pada 3 Juli 1926 di Bojongsari, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Semasa perang kemerdekaan, Untung bergabung dengan Batalyon Sudigdo yang berada di Wonogiri.



Satuan yang diikuti oleh Untung tersebut dikenal sebagai batalion yang ikut PKI. Dari batalion ini juga dia terlibat dalam gerakan PKI Madiun pada 1948.

Hal itu membuat keberadaan Batalyon Sudigdo dicari-cari oleh Gatot Subroto. Sayangnya, kekacauan yang terjadi antara Indonesia dengan Belanda kala itu membuat pengejaran terhadap batalyon pemberontak ini terhenti.

Karena itu beberapa pasukan Batalyon Sudigdo masih bebas berkeliaran di militer, termasuk Untung. Bahkan dirinya sempat dipindahkan ke Divisi Diponegoro yang saat itu dipimpin oleh Soeharto.

Letkol Untung Menjadi Anggota Tjakrabirawa dan Ikut G30S


Sosok Untung mulai tersorot di militer setelah mengikuti Operasi Mandala, dalam rangka pembebasan Irian Barat. Setelah sukses menjalankan operasi tersebut, Untung bersama dengan Benny Moerdani diganjar penghargaan Bintang Sakti.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4288 seconds (0.1#10.140)