Perayaan HUT ke-25 PSMTI Bakal Dihadiri Presiden Jokowi

Jum'at, 22 September 2023 - 17:45 WIB
loading...
A A A
Peng Suyoto menambahkan, dalam acara tersebut PSMTI juga meluncurkan buku tentang perjalanan Suku Tionghoa Indonesia yang berjudul “Sejarah orang Tionghoa di Nusantara” termasuk perannya dalam membangun negeri. Buku tersebut ditulis oleh 32 akademisi di Universitas Negeri dari seluruh Indonesia. Buku ini menceritakan awal datangnya orang Tionghoa di Indonesia. Saat ini, masyarakat masih banyak bertanya awal masuknya Suku Tionghoa ke Nusantara karena banyak informasi yang berbeda tentang kedatangan Suku Tionghoa.

“Banyak yang menyangka Suku Tionghoa itu datang di abad 8 karena tulisan sebelumnya oleh seorang pendeta I Ching yang berkelana di Nusantara. Tetapi dengan adanya akademisi-akademisi menulis sejak abad ke 2 setelah Masehi sudah ditemukan jejak orang Tionghoa datang. Itu menjadi referensi baru bagi para akademisi dan sejarawan yang ingin lebih banyak mengetahui jejak orang Tionghoa di Indonesia,” kata Peng Suyoto yang juga sebagai Ketua Harian I PSMTI.

Bukan hanya itu, kata Peng Suyoto, pengurus PSMTI juga akan memberikan special award kepada 25 tokoh Tionghoa yang membesarkan nama Indonesia.

“Harapan saya dari panitia bisa bekerja sama dengan baik untuk menyelenggarakan HUT yang sudah dirancang semua. Semoga Bapak Presiden dan menteri-menterinya bisa hadir,” kata Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta.

Wilianto mejelaskan, dalam rangkaian HUT ke-25 PSMTI juga menggelar berbagai kegiatan, mulai dari donor darah PSMTI se-Indonesia yang digelar selama 25 hari sejak 21 September – 15 Oktober 2023 di seluruh Indonesia, dan lomba Karaoke Bahasa Mandarin sebagai bentuk upaya pelestarian Bahasa Mandarin di Indonesia. “PSMTI juga menggelar kegiatan donor darah di Universitas Ukrida, Jakarta Barat,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta; Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida); Wakil Ketua Umum (WKU) PSMTI Dept. Hukum HAM dan Advokasi, Djoni Toat; dr Antonius Ritchi Castilani; Ketua Harian I PSMTI, Peng Suyoto.

WKU PSMTI Dept. Kaderisasi dan Kepemudaan Johnny Situwanda; Rudi Rusdiah; WKU PSMTI Dept. Sosial, Lingkungan Hidup dan Kesehatan Oey Lusiana; Ketua BEM Fakultas Kedokteran Ukrida Januari.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)