RI dan Swedia Kompak Dukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 22 Mei 2017 - 15:17 WIB
RI dan Swedia Kompak Dukung Kemerdekaan Palestina
RI dan Swedia Kompak Dukung Kemerdekaan Palestina
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi)‎ mengatakan, kehadiran Raja Swedia Carl XVI Gustaf merupakan kunjungan kehormatan bagi Indonesia, karena selama 65 tahun kepala negara Swedia berkunjung ke Indonesia.

Menurut Jokowi, kunjungan Raja Gustaf juga menandakan hubungan bilateral yang terjalin selama ini. Menurutnya, Indonesia dan Swedia memiliki banyak kesamaan politik luar negeri terhadap upaya perdamaian Palestina.

‎"Berperan aktif dalam pasukan perdamaian PBB, mendukung kemerdekaan Palestina, dan bahkan kita sepakat melakukan trilateral meeting, membantu Palestina sejak 2015," tutur Jokowi dalam join pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (22/5/2017).

Jokowi menegaskan, Indonesia dan Swedia mengedepankan langkah perdamaian untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di sejumlah dunia. Menurutnya, kerjasama ini perlu dikapitalisasikan.

Menurut Jokowi, kerja sama kedua negara ini juga berlangsung semakin intensif. Jokowi menyebut, Swedia merupakan mitra terbesar di bidang perdagangan. Menurutnya, angka investasi swedia meningkat lebih dari 1.400 persen di tahun 2016, dibanding tahun 2015.

"Jumlah turis juga meningkat 15 persen pada tahun 2016. Dan kunjungan terbesar dari negara nordik‎," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8606 seconds (0.1#10.140)