Kemenangan Anies-Sandi Dongkrak Elektabilitas Prabowo Subianto

Minggu, 14 Mei 2017 - 03:11 WIB
Kemenangan Anies-Sandi Dongkrak Elektabilitas Prabowo Subianto
Kemenangan Anies-Sandi Dongkrak Elektabilitas Prabowo Subianto
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID) Jajat Nurjaman mengatakan, tak dapat dipungkiri kemenangan Anies-Sandi dalam Pilgub DKI 2017 yang lalu mendongkrak popularitas dan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurutnya, saat ini Prabowo berada dalam posisi ideal bila dia memutuskan untuk berpartisipasi sebagai Capres di Pemilu 2019. Prabowo dianggap, sebagai sosok yang tepat untuk menghadirkan kepemimpinan yang kuat dan mampu menyatukan semua kalangan.

"Hasil survei Pemilu Presiden 2019 yang dilakukan NCID pada periode April-Mei 2017. Hasilnya, Prabowo Subianto unggul dengan suara 35,16%, disusul Jokowi pada posisi kedua 31,24%, Jusuf Kalla 16,40%, dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 8,30%, sementara 8,9% diisi tokoh lain dengan suara tak signifikan dan mereka yang belum menentukan pilihan," ujarnya pada wartawan di Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Jajat menerangkan, salah satu faktor yang membuat elektabilitas Jokowi turun drastis itu ketidakpuasan masyarakat atas berbagai kebijakannya yang dianggap tak prorakyat, seperti kenaikan tarif dasar listrik, pencabutan subsidi, dan stabilitas keamanan yang terganggu. Juga kekuatan hukum yang dianggap semakin lemah selama rezim Jokowi.

Sementara itu, Prabowo dianggap sebagai sosok yang mampu membalikkan keadaan. "Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka, ada 1.130 responden dengan metode multistage random sampling. Partisipan survei seluruh warga Indonesia yang berusia di atas 17 tahun dan memiliki hak pilih dengan margin of error sebesar 4%," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0584 seconds (0.1#10.140)