Kapolri Raih Penghargaan Dunia Terkait Komitmen Penyetaraan Gender

Minggu, 17 September 2023 - 21:00 WIB
loading...
Kapolri Raih Penghargaan Dunia Terkait Komitmen Penyetaraan Gender
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam acara syukuran HUT ke-75 Polwan di Gedung Bareskrim Polri, Rabu (13/9/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meraih penghargaan He For She Award yang diselenggarakan The Association of Woman Police (IAWP) ke-60 di Auckland, Selandia Baru, Minggu (17/9/2023). Penghargaan tersebut diterima Kapolri dengan diwakili Kadiv Hubinter Irjen Pol Krishna Murti.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho menjelaskan, penghargaan diberikan karena Kapolri dipandang memiliki komitmen kuat meningkatkan peran polisi wanita (Polwan) melalui peningkatan kompetensi dan kapabilitasnya, sehingga Polwan menjadi kapital bagi Polri.

"Penghargaan bagi Kapolri ini diakui oleh Presiden IAWP Deborah Fridle sebagai recognisi pemberdayaan Polwan di Indonesia baik melalui kebijakan yang dibuat maupun implementasinya di tingkat nasional," kata Irjen Sandi dalam keterangan tertulisnya.



Kadiv Humas mengungkapkan Presiden IAWP meyakini, konsistensi dari implementasi kebijakan Jenderal Sigit tersebut akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjadikan Polwan sebagai aktor utama pemolisian di Indonesia. Sehingga, pengarusutamaan gender di Polri berhak diakui dunia.

Sebagai informasi, penghargaan kepada Kapolri ini diberikan dalam konferensi IAWP yang diikuti 700 peserta. Terdapat 60 delegasi tiap negara ada di dalamnya.

Secara berkala IAWP melaksanakan konferensi tahunan untuk membangun jaringan dan mengembangkan kapasitas Polwan melalui mekanisme diskusi dan pertukaran pendapat di konferensi yang diikuti anggota Polwan berbagai negara tersebut.

Di konferensi tersebut, juga diberikan penghargaan kepada anggota Polwan yang berprestasi di berbagai kriteria dan bagi anggota polisi laki-laki yang memiliki kontribusi besar terhadap pemberdayaan Polwan.

"Sebagaimana komitmen Kapolri, pengarusutamaan gender di Kepolisian akan terus sempurna dengan telah terbitnya peraturan Kapolri yang mengatur dan saat ini sedang disusun grand strategy," tutup Kadiv Humas.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2773 seconds (0.1#10.140)