alexametrics

Percepatan Pencapaian SDGs: Belajar dari Provinsi NTB

loading...
Kemajuan yang cukup signifikan selama 10 tahun terakhir terutama dirasakan da­lam pem­bangunan infra­struk­tur dasar dan konektivitas. Kemajuan ini tercermin dari pemenuhan target 100% aksesibilitas rumah tangga terhadap air bersih dan sanitasi yang layak serta 100% elektrifikasi rasio, termasuk untuk daerah per­desaan sebelum tahun 2020.  Pembangunan waduk dan bendungan di lokasi tertentu, yang rawan kekeringan (contoh: waduk Pandanduri di Kabupaten Lombok Timur) masih menjadi prioritas tinggi. Untuk kelancaran arus barang dan jasa antar daerah termasuk dengan provinsi lain, maka perluasan pembangunan dan pemeliharaan jalan raya berdasarkan performance based contract  harus dilanjutkan sampai ke tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Termasuk ke dalam prioritas pembangunan infrastruktur adalah perkuatan konektivitas melalui perluasan Bandara Internasional Lombok dan pelabuhan-pelabuhan.

Pengelolaan lingkungan termasuk kawasan wisata masih menjadi catatan untuk perbaikan. Untuk itu diperlukan sosial­isasi dan pendidikan yang terus menerus kepada masyarakat. Meskipun SDGs mensyaratkan keterlibatan semua pihak, untuk daerah seperti Provinsi NTB yang masih harus mengejar ketertinggalan dari daerah lain, maka peran pemerintah sangat krusial. Institusi dan tata kelola dari kebijakan dan program pemerintah, SDM Aparatur dari segi tingkat pendidikan dan kualitas  sangat urgen untuk ditingkatkan. 

Pemanfaatan e-government  dapat membantu perbaikan pelayanan publik, terutama untuk sektor-sektor yang memerlukan kecepatan pelayanan.

Sebagai penutup, kesemua faktor di atas tidak akan berhasil tanpa adanya kepemimpinan atau leadership  dari pimpinan daerah. Di samping itu, peran ulama dan tokoh masyarakat tidak kalah pentingnya untuk memotivasi, mendidik, menjadi panutan bagi masyarakat agar mampu meningkatkan peran dan kontribusinya bagi kemajuan daerahnya masing-masing.  

 
(sms)
halaman ke-2 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak